Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 27 Juni 2017 11:33     Dibaca: 1477 Pembaca

Lebaran Ke 3,Wisata Danau Ranau Dipadati Pengunjung

Suasana wisata Danau Ranau OKU Selatan di penuhi pengunjung

Muaradua,Detiksumsel- Sejumlah lokasi wisata di Kabupaten OKU Selatan nampak di padati para pelancong baik masyarakat setempat maupun para pemudik yang memang sengaja mengisi waktu libur.

Salah satu lokasi wisata yang cukup dipadati para pengunjung yakni Danau Ranau yang berada di daerah Pusri Kota Batu maupun di Kecamatan Banding Agung.

Keberadaan danau ditambah menjulangnya gunung seminung menjadi daya tarik tersendiri  bagi masyarakat. Sejuknya udara ditambah bulir angin spoi di pinggiran danau ranau juga membuat betah para pelancong yang datang di lokasi tersebut.

Dari pantauan detiksumsel.com, Selasa (27/6/2017) para pelancong yang datang ke danau ranau ini rata-rata bersama keluarga dengan menaiki mobil dan sepeda motor,mereka tidak ada masyarakat sekitar tapi juga masyarakat pendatang seperti dari Muara Dua,Baturaja,OKU Timur,Ogan Ilir,Banyuasin,Muara Enim,Palembang hingga Liwa Lampung Barang.

Sedangkan mobil para pemudik dari Pulau Jawa juga nampak memenuhi areal parkir yang ada di Danau Ranau Pusri dan Banding Agung.

Para pengunjung nampak cukup menikmati indahnya panorama danau ranau tersebut,diantara pengunjung ada yang santai di pinggir danau sambil makan bersama keluarga ada juga yang mandi di sepajang pinggiran danau ranau tersebut.

Namun sayang keberadaan objek wisata ini kurang mendapat perhatian dari Pemkab OKU Selatan, itu terlihat semak belukar dan sampah  menghiasi di sepanjang bibir danau yang pernah menjadi arena lomba dayung pada PON Sumsel lalu.

"Panoramanya indah,gunungnya,airnya sejuk. Namun sayang kurang terawat,"kata Karsa warga Kabupaten Muara Enim yang datang untuk berlibur ke Danau Ranau Tersebut.

Akses jalan sempit,penuh semak belukar dan sebagian aspal jalan banyak pecah dan longsor juga menjadi hambatan bagi para pengunjung. " kayaknya ngak mendapat perhatian Pemkab OKU Selatan, sehingga kondisinya seperti ini,"katanya.

Lalin Ramai Lancar
Arus kendaraan di ruas Jl Akmal Kelurahan Simpang Sender Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah Kabupaten OKU Selatan yang menghubungi lokasi objek wisata Danau Ranau ramai lancar.

Kendaraan yang melintas jalan lintas ini rata-rata masyarakat yang hendak ke lokasi wisata danau ranau yang ada di Pusri ataupun di Kecamatan Banding Agung.

Dari pantauan detiksumsel.com, kendaraan yang melintas  sepeda motor maupun mobil baik plat daerah di Sumsel maupun plat luar seperti Lampung BE,Jakarta B,Bandung D,Bogor F,Semarang H dan plat lain di pulau sumatera seperti Bengkulu BD. "Dari pagi tadi arus kendaraan padat,banyak masyarakat yang hendak ke Objek wisata danau ranau,"kata Tina warga simpang sender.

Menurut dia,padatnya arus kendaraan ini sudah menjadi pemandangan biasa setiap hari raya idul fitri. "Kalau lebaran pasti ramai kayak gini,baik datang dari Muara dua,Baturaja atau dari desa -desa yang ada di kecamatan BPR Ranau Tengah,"katanya.

Sementara itu,pantauan di lokasi dana ranau Pusri, ribuan masyarakat nampak memadati area objek wisata alam tersebut, parkiran mobil dan motor dipenuhi kendaraan para pengunjung. Namun sayang para pedagang kaki lima tidak diatur sedemikian rupa oleh pengelola sehingga terkesan semberaut.(Faz)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi