Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Iyop DS     Tanggal : 16 Maret 2018 00:51     Dibaca: 751 Pembaca

Lechia Gdansk Rekrut Egy MV Untuk Strategi Bisnis?

Egy Maulana Vikry (Foto istimewa/net)

Polandia, Detik Sumsel-Berbeda dengan Indonesia, bergabungnya Egy Maulana Vikri ke Lechia Gdansk justru menuai pergunjingan. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, anggota skuad Indonesia U-19 dan U-23 itu hanya dianggap sebagai strategi bisnis Lechia untuk meraup keuntungan dari publik Asia, khususnya Indonesia.

Aroma bisnis dalam perekrutan Egy disampaikan dua media lokal Polandia, Niezalezna dan Dziennik Baltycki. Dalam laporannya, Dziennik Baltycki bahkan menulis Egy tidak akan dimainkan hingga musim depan ketika usianya menginjak 18 tahun. Sebab, regulasi di Liga Polandia menyatakan seorang pesepak bola yang belum berusia 18 tahun tidak boleh bermain di kompetisi profesional.

Selain itu, media tersebut menulis latar belakang Egy yang belum pernah bermain di liga profesional karena hanya berasal dari akademi (Diklat Ragunan) dan tim junior Indonesia (timnas U-19 dan U-23). Dia dianggap akan sulit bermain di kompetisi seketat Liga Polandia. Postur tubuh Egy yang hanya 164 cm juga dinilai sebagai hal yang akan melemahkan Lechia lantaran rata-rata pesepak bola Polandia berpostur 180 cm ke atas.

“Dampak dari perekrutan ini langsung terasa karena Lechia mengalahkan popularitas Legia Warszawa dalam jumlah pengikut di sosial media,” tulis Dziennik Baltycki.

Setali tiga uang, komentar sinis juga ada dituliskan Niezalezna. Dalam sebuah artikel tentang pesepak bola berusia 17 tahun tersebut, media itu memberi judul “Marketing Masterpiece! Lechia Gdansk Menunjukkan Bagaimana Hal itu Dilakukan”. Tulisan tersebut merujuk bagaimana akun media sosial klub berseragam hijau-putih itu dibanjiri komentar dari fans sepak bola Indonesia.

“Akun Lechia mendapatkan tambahan banyak orang Indonesia. Jumlah pengikut mereka kini lebih dari 162 ribu orang. Di Instagram, Lechia menjadi klub Polandia dengan followers terbanyak mengalahkan Legia yang hanya ada di 137 ribuan. Bahkan, foto Egy saat diperkenalkan sebagai pemain Lechia disukai lebih dari 90 ribu orang,” tulis Niezalezna.

Ditiru Lech Poznan dan Arka Gdynia

Uniknya, langkah bisnis jitu Lechia ternyata ditiru klub Polandia lainnya, Lech Poznan dan Arka Gdynia. Meski belum memiliki rencana membeli salah satu pesepak bola dari Asia, khususnya Indonesia, klub berkostum biru-putih itu mulai menyertakan kalimat dalam Bahasa Indonesia di akun media sosial mereka.

“Bermain dalam dua hari. Anda siap?” tulis Poznan di akun Twitter mereka, @LechPoznan. Lalu, dalam @ArkaGdyniaSSA, Arka membalas postingan Poznan dengan kalimat: “Hey @LechPoznan! Semoga beruntung.” (net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

Warning: mysqli_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/taobvxhb/public_html/artikel/post.php on line 77
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi
 
 


Warning: mysqli_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/taobvxhb/public_html/index.php on line 398