Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 12 Oktober 2017 18:13     Dibaca: 114 Pembaca

Longsor Memutuskan Jalur Lahat - Bengkulu

Tampak gundukan tanah longsor di Kabupaten Lahat.

Lahat, Detik Sumsel -- Jalan negara di wilayah Dusun 7 Jambat Genting, Desa Sindang Panjang, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, Kamis (12/10/2017), sekitar pukul 08.30 WIB, kembali putus akibat longsor.

Akses satu - satunya jalan keluar masuk kendaraan dari Kabupaten Lahat menuju ke Provinsi Bengkulu ini merupakan peristiwa yang kedua kalinya terjadi dimana sebelumnya juga terjadi pada Senin (9/10/2017).

Akibat longsor tersebut membuat warga dari arah Tanjung Sakti ataupun Pagaralam, terpaksa balik arah. Bahkan sejumlah pelajar terpaksa digendong warga, agar dapat melintasi pinggiran tumpukan longsor yang terus berjatuhan itu.

"Kita tidak berani ambil resiko, langsung membersihkan badan jalan. Soalnya bebatuan dan tanah dari atas terus berjatuhan," ujar Herman, salah satu pekerja proyek saat dibincangi.

Longsor terjadi akibat tekstur tanah yang labil, ditambah hujan deras disertai angin kecang yang melanda Tanjung Sakti akhir-akhir ini. Posisi titik longsor tersebut berada di dekat tebingan terjal setinggi kurang lebih 40 meter, yang memang berpotensi longsor.

"Informasi itu sudah kita terima, BPBD langsung kita kerahkan. Bahkan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lahat, sudah kita minta melaporkan bencana alam itu ke Balai Besar Jalan Nasional, Palembang," ujar Sekda Lahat, H Haryanto SE MM MBA. (Heru).

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi