Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : AMS     Tanggal : 08 Mei 2018 14:38     Dibaca: 389 Pembaca

Lucianty Pahri, Inspirasi Perempuan yang Sukses Bisnis dan Politik

Ir Hj Lucianty Pahri SE

Palembang, Detik Sumsel- Nama Lucianty Pahri sudah sangat familiar bagi masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel), apalagi di kalangan kaum hawa. Istri mantan Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari ini menjadi inspirasi karena tidak hanya sukses sebagai seorang ibu rumah tangga, tapi juga sukses karir di bidang bisnis dan politik.

Meskipun sukses sebagai wanita karir, Sosok ibu empat anak ini tidak menghilangkan jiwa sosial yang melekat padanya. Tidak heran jika banyak sekali kegiatan yang bersifat sosial seperti pengajian, santunan dan bantuan yang ia gelar bersama keluarga.

“Dalam memberi, tak perlu menunggu banyak jumlah yang kita miliki. Semampu kita saja, apa dan kepada siapa kita dapat berbagi,” kata Bu Luci, sapaan akrab Ir Hj Lucianty Pahri SE saat berbincang-bincang santai dengan Detik Sumsel di Kedai Tiga Nyoya, Senin (7/5).

Kedai Tiga Nyonya adalah satu diantara sekian banyak usaha yang dimiliki ibu Luci di bidang kuliner. Selain itu, terkenal juga usahanya seperti Ikan Bakar H Pahri, dan rumah makan Serbu (Serba Lima Ribu) yang disediakan khusus untuk masyarakat kecil di kota Palembang. Lalu di bidang lainnya, perempuan paruh baya kelahiran Baturaja ini juga memiliki usaha  SPBU di Indonesia, Alfamart, Tempat Hiburan keluarga D’Matto dan Butik Jasmine. Terbaru, beliau berencana menanamkan investasi di Sekayu dengan mendirikan Grand Cordela, Hotel pertama berkonsep resort di Sekayu.

“Cerita tentang bisnis, memang keberadaan wanita di dunia usaha saat ini sangat kecil jumlahnya. Kadang untuk memulai usaha adalah masalah uang atau modal, tapi bukan hanya masalah uang tapi niat dan kemauan untuk memulai usaha," katanya berbagi tips saat ditanya kiat sukses berwirausaha.  

Terbilang sukses karir, ibu Luci tetap low profile dan tidak pelit informasi untuk berbagi. Sikapnya yang ramah tidak tertuju kepada rekan bisnisnya saja, tapi juga semua orang yang terlibat di lingkarannya termasuk karyawan, tidak ada pembeda. “Untuk memulai usaha harus melihat potensi diri, yang mana bisa dikembangkan atau potensi di sekitar lingkungan,” sambungnya kemudian sembari menawarkan minuman yang telah disediakan.

Menariknya lagi dari sosok ibu Luci adalah, meskipun sibuk di bidang wirausaha ia tidak meninggalkan sentuhannya sebagai ibu yang mendidik anak-anak hingga berprestasi. Anak pertamanya, Imam Palucki setelah lulus Akpol kini bertugas di Polda Riau, sementara puteri keduanya  Anggia Fabelita sedang kuliah kedokteran Unsri. 

Begitu juga kecermelangannya di bidang politik, ia pernah tercatat sebagai anggota DPRD Sumsel 2009-2015, Wakil ketua KADIN Sumsel, Bendara Inkindo, 2005, Ketua PMI Muba dan Bendahara PAN Sumsel. “Selanjutnya saya mohon doa dan dukungannya untuk maju sebagai calon anggota DPD RI Dapil Sumsel,” ungkapnya terlihat mulai serius.

Ia kemudian mengungkapkan bahwa keinginannya maju ke DPD RI karena ada panggilan untuk mengabdi di tengah masyarakat. Apalagi, dirinya sudah berpengalaman sebagai birokrat di DPRD Sumsel sebelumnya. "Kita jadikan Sumsel rumah kita," tutupnya. (Fir) 

Biodata:

Nama: Ir Hj Lucianty Pahri SE 

Pendidikan:

SDN 1 Baturaja

SMP Xaverius 1 Baturaja 

SMA 2 Palembang 

S-1 Menejemen Unsri

S-1 Sipil Tridinanti

Anak: 

Imam Palucki

Anggia Fabelita

M Farel Ardafa

Divia Faradiba

Karir Politik:

Anggota DPRD Sumsel 2009-2015

Bendara DPW PAN Sumsel 2012

Bisnis:

SPBU, Kuliner dan Perhotelan, Ritel dan Fashion

Sumber: Peliputan Detik Sumsel

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi