Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 25 Juni 2018 14:11     Dibaca: 181 Pembaca

Mahasiswa di OKU Minta Timsel Bawaslu untuk Transparan

Istimewa

Baturaja, Detik Sumsel -- Ratusan mahasiswa dari berbagai Universitas yang mengatas namakan sebagai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) OKU Raya menggelar aksi damai didepan gedung Auditorium Universitas Baturaja dimana didalam gedung tersebut berlangsung kegiatan sosialisasi rekruitment calon anggota Bawaslu OKU Periode 2018-2023, Senin (25/6).

Aksi damai yang digelar mahasiswa ini menuntut transparansi dan integritas Tim Seleksi (Timsel) agar melaksanakan tugas sesuai aturan.

"Kami siap mengawal dan mendukung kerja Timsel Bawaslu" Kata Koordinator aksi Belly Nurahman, Saat dibincangi detiksumsel.com.

Dikatakan Belly, aksi ini mereka lakukan, karena ada indikasi intervensi oleh partai politik dan penguasa, bahkan belum dibukanya pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota diduga sudah ada lobi-lobi peserta untuk memuluskan langkah menjadi anggota Bawaslu.

"Ini sudah ada indikasi intervensi dan lobi-lobi tingkat tinggi para calon kepada tim seleksi. Disini yang kami khawatirkan jika ada proses tersebut, makanya kami lakukan aksi damai agar nurani Timsel jangan tergadai serta jangan kotor akademisi dengan cara-cara licik tersebut,"kata Belly

Belly juga mengancam akan membawa massa yang lebih besar jika apa yang sudah disepakati dan menjadi tuntutannya tidak dijalankan oleh Timsel.

"Kita akan bawa massa yang lebih banyak pak jika aksi kami hanya dianggap angin lalu," Tegasnya.

Dalam pernyatan sikapnya, ratusan mahasiswa ini menyampaikan 5 tuntutan kepada Timsel yakni, mendukung Timsel Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan untuk menjaga integritas, mengecam keras adanya intervensi partai politik, Timsel Bawaslu harus mengumumkan nilai setiap tahapan seleksi, yang keempat, mengecam keras Timsel yang terindikasi menerima suap dan terlibat korupsi. 

"Kami siap berkoordinasi dan aksi bersama jika terjadi indikasi adanya kecurangan saat proses seleksi" Pungkas Belly.

Sementara itu, Dr Bambang dan Muhammad Fadilah,anggota Timsel rekruitment Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sumateta Selatan yang menerima massa mengatakan, ada dua Timsel yang dibentuk yakni Timsel Sumsel 1 dan Timsel Sumsel 2.

Disebutkannya Timsel 1 Meliputi wilayah OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pali, Prabumulih, Ogan Ilir dan OKI, sedangkan untuk Timsel 2 meliputi wilayah Palembang, Pagar Alam, Lubuk Linggau, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Muratara dan Empat Lawang.

"Rata-rata 80 persen anggota timsel diambil dari Akademisi, sedangkan 20 persennya merupakan para Praktisi" Sebutnya

Bambang mengatakan pihaknya akan melakukan tugas sebagaimana mestinya. "Percayalah apa yang diinginkan para pendemo akan dilakukan sebagaimana mestinya, kami akan menjaga moralitas kami sebagai Timsel dari intervensi dari pihak manapun, serta akan menjaga idealisme kami sebagai akademisi" Tukasnya (fei)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi