Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 25 Juni 2018 11:44     Dibaca: 121 Pembaca

Mahasiswa Minta Masyarakat Tidak Pilih Paslon Politik Uang

Aliansi Mahasiswa Banyuasin Peduli Pemilu (AMBPP) menolak Money Politik saat aksi unjuk rasa di Kantor Panwaslu Banyuasin

Pangkalan Balai, Detik Sumsel - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Banyuasin Peduli Pemilu (AMBPP) meminta masyarakat Banyuasin untuk tidak memilih pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin yang menggunakan politik uang. Karena politik uang mencedrai pemilukada yang demokratis jujur dan adil. 

"Kami minta masyarakat memilih dengan cerdas dengan tidak memilih paslon yang menggunakan politik uang, " kata Korak Joko Susanto dan Korlap Jodi Saputra dalam aksi unjuk rasa di kantor Panwaslu Banyuasin, Senin (25/6).

Jika demokrasi sudah dicedrai dengan politik uang, maka untuk mendapatkan pemimpin yang adil serta pro terhadap rakyat sangat sulit untuk didapat. 

"Jika ini dibiarkan maka nasib daerah yang kita cintai ini akan semakin buruk dan akan terus menjadi daerah tertinggal, maka kami berharap masyarakat Banyuasin untuk tidak memilih Paslon yang menggunakan Money Politik, "katanya.

Dalam aksi ini, para mahasiswa menyampaikan empat pertanyaan sikap didepan Komisioner Panwaslu Banyuasin : 

1. Menolak keras Money Politik yang ada di Kabupaten Banyuasin terkhususnya daerah perairan yang rawan serta terindikasi Money Politik

2. Money Politik jelas melanggar UU nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 1 tahun 2015 tentang perpu nomor 1 tahun 2014 tentang pemilih Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU pasal 73

3. Menghimbau Panwaslu memberikan sikap sanksi tegas kepada para paalon yang terbukti melanggar UU

4. Kami sangat mendukung penuh pesta demokrasi Pilkada Banyuasin dengan adil jujur serta transaparan
Kami sangat apresiasi. 

Ketua Panwaslu Banyuasin Iswadi SPd menegaskan bahwa Panwaslu sangat mengapresiasi dukungan mahasiswa untuk bersama-sama melawan politik uang di Pilkada Banyuasin. "Kami sangat mengapresiasi, dengan semangat kita semua, semangat mahasiswa dan elemen lainnya maka posisi panwaslu makin kuat. Satu tekad satu visi Oanwaslu akan melaksanakan tugas dengan sebenarmya sesuai dengan aturan. Dan kita lawan sama-sama politik uang, "katanya.

Aturan sudah sangat jelas tegas Iswadi bahwa politik uang dilarang. "Apabila ada Palson pakai politik uang, dan terbukti akan kami tindak tegas.
Dukung kami terus dengan memberikan bukti yang jelas, saksi, termasuk kronologisnya biar bisa di tindak, "katanya.

Hal yang sama dikatakan Komisioner Panwaslu Ibzani bahwa pihaknya mebgajak para mahasiswa untuk terlibat langsung dalam pengawasan pilkada Banyuasin.
" Kami minta adik-adik mahasiswa ikut dalam pengawasan, distribusi logistik, pemilihan, perhitungan. Cari buktinya biar jelas. Laporkan, bukti gambar dan kronologis biar kami muda dalam menindak lanjutinya, "tandasnya. (Faz)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi