Iklan Lucianty Pahri
Pilgub Sumsel 2018
Diposting oleh : DP     Tanggal : 14 September 2017 08:04     Dibaca: 428 Pembaca

Mandi Dua Kali Sehari, Baikkah Untuk Kesehatan?

Ilustrasi mandi (Istimewa)

DETIK SUMSEL - Mungkin saja pertanyaan ini kerap muncul di benak Anda. Sebagian orang merasa nyaman untuk mandi pada pagi hari sementara beberapa lebih memilih mandi pada malam hari. Buat beberapa orang, mandi pagi hari akan membuat tubuh lebih segar untuk beraktivitas sepanjang hari. Sebagian orang berpendapat, mandi malam akan membantu tidur lebih cepat.

Lalu, kebiasaan mandi dua kali dalam sehari, apakah baik bagi kesehatan? Berikut beberapa fakta soal kebiasaan mandi dan waktu terbaiknya.

Kapan mandi?

Waktu yang tepat adalah tergantung pada aktivitas apa yang Anda lakukan sepanjang hari. Jika pekerjaan Anda membuat Anda pulang dengan pakaian kotor, bukankah Anda akan mandi pada malam hari? Jika pekerjaan Anda tidak melibatkan semua itu, Anda pasti lebih memilih mandi pagi, bukan?

Bagaimana jika berkeringat?

Jika aktivitas harian membuat Anda mengeluarkan banyak keringat, Anda pasti akan segera mandi ketika sampai rumah. Entah itu pagi, siang, maupun sore. Anda akan mandi, jika berkeringat.

Boleh mandi pada malam hari, asal...

Jika aktivitas harian Anda tergolong aktif atau berkeringat, lebih baik bersihkan tubuh Anda pada malam hari sebelum tidur. Mandi bisa membersihkan kotoran dan bakteri pada kulit.

Mandi dengan air panas atau dingin

Jika Anda menyukai mandi pagi, mandi dengan air dingin adalah pilihan yang terbaik karena dapat meningkatkan semangat Anda untuk bekerja. Jika Anda menyukai mandi malam, maka air hangat lebih baik karena dapat membantu tidur Anda. Menurut penelitian, mandi malam dapat mempercepat tidur Anda dan ini baik untuk penderita insomnia.

Bagaimana dengan mandi pada pagi dan sore hari?

Anda tidak disarankan karena ada kemungkinan kulit akan kehilangan minyak alami dan menjadi terlalu kering. Mandi dua kali dianjurkan apabila cuaca di daerah tempat Anda tinggal terlalu gerah. (net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi