Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 23 Mei 2018 09:00     Dibaca: 413 Pembaca

Manfaatkan Teknologi, SMK Yadika Gelar Ujian Berbasis Android

Siswa SMK Yadika Baturaja saat ujian dengan Android

Baturaja, Detik Sumsel -- Biasanya ulangan umum semester disetiap sekolah dilaksanakan secara manual, namun berbeda dengan ulangan semester yang dilakukan di SMK Model Yadika Baturaja yang menggelar ulangan semester genap secara online berbasis Komputer dan Android.

Kepala SMK Yadika Baturaja, Boy Adriansyah SPd mengatakan, sistem ulangan semacam ini baru pertama kalinya dilakukan SMK Yadika.

"Kalau di OKU mungkin baru kita (Yadika red) yang ulangan secara online" Kata Boy saat dibincangi detiksumsel.com, Rabu pagi (23/5).

Dikatakan Boy, pelaksanaan ulangan secara online berbasis komputer dan android ini agar siswa memahami pemanfaatan teknologi. Saat ini lanjutnya kebanyakan kecanggihan teknologi disalah gunakan untuk hal yang negatif oleh para pelajar.

"Kadang taunya mereka Android ini hanya untuk main game dan hal yang aneh-aneh (negatif), nah dengan ulangan menggunakan komputer dan Hp (Android) kita mengajarkan gunakanlah teknologi untuk hal yang bermanfaat dan positif" imbuhnya.

Menurut Boy pelaksanaan ulangan dengan sistem online dianggap lebih praktis serta menghemat anggaran, selain itu juga lebih mempermudah kerja guru karena tidak perlu melakukan koreksi

"Kalau untuk siswa, mereka langsung bisa mengetahui berapa nilai yang mereka dapat karena usai mengerjakan soal nilai langsung keluar" tuturnya.

Disebutkanya, untuk nilai standar setiap mata pelajaran yakni 7,50, jadi sambungnya jika nilai mereka memenuhi standar maka dinyatakan berhasil kalau kurang maka siswa harus remidial.

"Ulangan dilaksanakan selama satu minggu mulai Senin kemarin (21/5) hingga Sabtu (26/5),"tambahnya.

Diungkapkan Boy, sekolah telah menyiapkan satu siswa satu komputer/laptop sedangkan untuk android siswa menggunakan Handphone masing-masing.

"Terserah mereka mau memakai PC/laptop atau Android, tergantung rasa nyaman siswa mau pakai yang mana, namun fasilitas tetap kita sediakan seperti wifi, server soal dan ganset untuk antisipasi listrik padam" ujarnya.

Disinggung apakah dengan sistem ini aman dan siswa tidak akan mencontek seperti bisa mencari di google,disebutkan Boy, hal tersebut sudah diantisipasi, jika siswa sudah login ke soal maka otomatis aplikasi lain google/chrome akan terkunci.

"Kalau aplikasi login di close oleh siswa maka otomatis soal akan keluar dan siswa dianggap selesai, jadi kemungkinan siswa mencontek sangat kecil, lagi pula soalnya mempunyai waktu dan sistem acak" jelasnya.

Ditambahkan Boy, dengan sistem Online berbasis android ini, siswa jadi lebih rileks, tahun depan kata Boy kemungkinan siswa tidak lagi ulangan umum semester didalam ruangan namun akan dilaksanakan secara outdor.

"Ya tujuan utama kita lebih ke kenyamanan siswa agar mereka senang dalam belajar jadi pelajaran bisa masuk dan melekat didalam otak mereka, selain itu ulangan sistem online ini mempersiapkan mental para siswa untuk mengikuti UNBK tahun depan, jadi mereka sudah terbiasa" tandasnya. (fei).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi