Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 25 Juni 2017 08:34     Dibaca: 881 Pembaca

Masjid Raya Simpang Sender di Padati Umat Muslim

Ribuan umat Muslim Kelurahan Simpang Sender OKUS sholat Ied di Masjid Raya Simpang Sender

Muaradua,Detiksumsel-Ribuan Umat Muslim Kelurahan Simpang Sender Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah Kabupaten OKU Selatan,Minggu (25/6/2017) melaksanakan sholat idul fitri 1438 H di Masjid Raya yang terletak di Jl Akmal Simpang Sender.

Bertindak sebagai Imam Ustad Azwani Usman dan Khotib Irwansyah Spdi. Hadir dalam kesempatan ini Camat BPR Ranau Tengah, anggota DPRD OKUS Samsu Taman,Lurah Simpang Sender, pengurus Masjid Raya Farmiadi Haikal,S.Sos dan sejumlah tokoh agama H Lukman, Con Putra.

Ketua Pembangunan Masjid Raya Farmiadi Haikal dalam laporannya mengatakan bahwa pembangunan menara masjid raya dimulai sejak tahun 2011 dan tepat 2017 ini kondisi sekarang sudah selesai 100 persen serta telah dimanfaatkan.

"Ini semua berkat dukungan dari bapak ibu baik diranau maupun diluar berupa Infaq dan sadaqoh serta zakat,"katanya.

Rencana kedepan terang Farmiadi, merehab halaman masjid, kondisi kuba sudah mulai rusak dan bocor rencana di rehab. Kemudian perbaikan wc,cat luar dan dalam masjid.

"Untuk kuba akan diganti kuba modern bermotif dengan harga Rp 50 juta, Mohon infaq,sodaqoh dan zakat malnya untuk penyelesaian rencana pembangunan ini,"harapnya Farmiadi yang menjabat camat simpang danau ini.

Dana kas yang ada lanjut Farmiadi berjumlah Rp 34.276.000. Namun ini belum masuk infaq,sadaqoh dan zakat pada idul fitri 1438 H ini.

Dalam kesempatan ini,Firmiadi Haikal menerangkan bahwa infaq,sadaqoh dan zakat yang masuk tahun ini cukup signifikan dan atas nama pengurus kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kelangsungan masjid raya ini.

" uang masuk hari ini Rp 21.000.000 ditambah kas yang ada sehingga total kas Rp 55.822.000,"katanya.

Sementara itu, Ustadz Irwansyah Spdi dalam khotbahnnya, menerangkan bahwa idul fitri merupakan kesucian rohani menikmati  keagamaan yang benar dan dirdhoi  allah. Idul fitri Hari dimana hamba allah mengembalikan kesucian diri dari salah dan hilap melalui ibadah puasa.

" Fitra mengandung tiga makna yakni Kebaikan,keindahan dan kebernaran,"katanya.

Dijelaskan Ustaz Irwansyah,Fitra manusia dapat beruba dari waktu ke waktu,agar fitra selalu terpelihara hendaknya pola kehidupan bersendikan alquran dan al sunnah. "Segala kebaikan  bulan suci ramadan dilanjutkan, sikap peduli,sedekah,baca Alquran, menjaga kejujuran hendaknya tetap kita lestarikan dan ditingkatjan menjadi tradisi yang melekat pada diri dan  keluarga dan lingkungan. Agar tetap terpelihara sampai akhir hidup kita,"ajaknya.

Khotib juga menekankan para jemaah untuk mempererat tali silaturahmi dan uhuwa islamiyah. "Jadikan momen idul fitri ini untuk mempererat tali silaturrahmi, umat islam harus bersatu dan menghilangkan perbedaan. Islam hendak dihancurkan oleh umat lain, maka mari kita rapatkan barisan dan jangan terpecah belah.maka kuncinya silaturrahmi dan uhuwa islamiyah,"katanya.

Selesai sholat Id,para jemaah nampak saling bermaaf-maafan, berangkulan satu sama lainnya dan tidak sedikit yang berpelukan dengan mata berkaca-kaca. (Faz)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi