Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 02 Januari 2018 14:40     Dibaca: 359 Pembaca

Minta Keringanan UNBK, Disdik Kota Surati Provinsi

Kabid SMP Disdik Kota Palembang, Herman Wijaya

Palembang, Detik Sumsel- Instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mewajibkan jenjang SMP untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tampaknya menimbulkan persoalan baru di lapangan, khususnya di Kota Palembang. Pasalnya, saat ini dengan kewajiban UNBK SMP tersebut pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang belum sanggup 100 persen untuk melaksanakan UNBK.

"Jadi, untuk bisa wajib melaksanakan UNBK pihak SMP harus menumpang ke jenjang SMA dan yang masih dirasakan berat karena untuk menumpang ini pihak SMP harus mengeluarkan biaya tambahan," ungkap Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Kota Palembang, Drs Herman Wijaya MSi, Selasa (2/01/2018).

Dikatakan, terkait biaya sewa yang diminta oleh pihak SMA tersebut, pihaknya telah melayangkan surat ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel untuk keringanan dan keseragaman biaya sewa. "Khawatirnya dengan ada biaya sewa ini nanti malah pihak sekokah meminta sumbangan ke siswa, ini yang akan diantisipasi, kami berharap biayanya tidak terlalu besar dan semua SMP dibebankan biaya yang sama," ujarnya.

Herman berharap, dengan surat permohonan yang dikirimkan ke Dinas Pendidikan Provinsi tersebut, pihak Dinas Pendidikan Provinsi bisa memberikan instruksi ke SMA-SMA untuk biaya sewa lebih murah. "Jadi pihak SMP tidak keberatan nantinya," imbuhnya.

Dijelaskan, saat ini untuk jenjang SMP di Palembang yang siap dari sisi sarana untuk melaksanakan UNBK yakni ada sekitar 40 persen. "Jadi ada 60 persen SMP nanti yang akan numpang ke SMA untuk melaksanakan UNBK," kata Herman.

Herman menambahkan, untuk target seratus persen UNBK di jenjang SMP ditargetkan Herman akan terealisasi pada tahun 2019. "Kemungkinan tahun 2019 mendatang baru bisa terealisasi seratus persen dengan adanya tambahan bantuan sarana komputer dari Pemerintah pusat," pungkasnya.(tet)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi