Situs Berita Detik Sumsel
Redaksi Detiksumsel.com
Diposting oleh : Efen Permata     Tanggal : 21 Mei 2017 18:46     Dibaca: 463 Pembaca

Ziarah Kubro Dukung Pariwisata Religi Palembang

Suasana ziarah kubro yang digelar pada Minggu (21/5/2017).

Palembang, Detik Sumsel - Kegiatan Ziarah Kubro yang digelar setiap tahunnya di Palembang menjelang bulan Ramadan, selalu mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Agenda tahunan di kalender Pemerintah Kota (Pemkot)  Palembang ini telah mampu menjadi peluang wisata baik pendatang lokal hingga mancanegara.

Hal ini disampaikan langsung oleh Walikota Palembang H Harnojoyo, saat memberikan sambutannya pada puncak acara Ziarah Kubro bertempat di pelabuhan Makam Kambang Goci kawasan 3 ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) I Kota Palembang, Minggu (21/5/2017).

Ia mengatakan, kegiatan Ziarah Kubro bukan hanya untuk ziarah biasa melainkan sudah mengundang banyak tamu yang datang baik mancanegara maupun lokal. Maka dari itu, Pemkot Palembang akan menjadikan agenda tahunan bagi Kota Palembang, karena sudah menjadi salah satu wisata religi baru di Bumi Sriwijaya. 

"Pemkot Palembang akan berkomitmen untuk mengagendakan Ziarah Kubro menjadi agenda setiap tahunnya di kalender resmi Pemerintah Kota," jelas Harnojoyo.

Dikatakan Harnojoyo, Pemkot Palembang demi mewujudkan Palembang Emas (Elok, Madani, Aman dan Sejahtera), tentu sangat mendukung kegiatan positif seperti Ziarah Kubro.

"Kegiatan Ziarah Kubro ini bukan hanya menjadi kegiatan tahunan biasa, sudah menjadi bentuk salah satu wisata religi di Kota Palembang. Jadi harus kita jaga dan kita lestarikan karena banyak menarik tamu undangan seperti dari Timur Tengah untuk berziarah kepada makam para Ulama dan Aulia Palembang Darusallam," ungkapnya. 

Ia melanjutkan, Kota Palembang sebagai salah satu kota pertama kali disinggahi oleh para wali penyebar Agama Islam menyimpan banyak keistimewaan, khususnya keberadaan para Ulama dan Auliya yang terus mengajarkan ajaran Nabi Muhammad SAW. Hal inilah menjadikan Kota Palembang menjadi istimewa bukan hanya dari segi bangunan fisik tapi juga istimewa dari nilai religius yang diwariskan para  pendahulu. 

"Harapan kita ke depan kegiatan ini akan terus meningkat, semakin semarak dan semoga apa yang kita lakukan dalam kegiatan ziarah ini menjadi amal yang diterima oleh Allah SWT. Sekali lagi kami mengucapkan selamat datang kepada para tamu yang datang semoga ziarah ini menjadi ziarah yang berkesan bagi anda semua, inilah kota kami Kota Palembang Darusallam, Kota seribu Wali, kota Metropolis religi yang Insya Allah akan terus lestari dalam NKRI," tandasnya. (pen) 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi