Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Dodi Chandra     Tanggal : 21 Februari 2018 18:34     Dibaca: 226 Pembaca

Muratara Berencana Tambah Lumbung Pangan

Foto ilustrasi lumbung pangan (istimewa)

#Hanya Punya Enam Unit Lumbung Pangan

Muara Rupit, Detik Sumsel-Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Ketahanan Pangan berencana menambah jumlah lumbung pangan.  
Minimnya jumlah lumbung yang ada, yakni hanya enam unit menjadi alasan penambahan tersebut.

"Padahal, lumbung pangan memiliki fungsi yang cukup penting, untuk menyimpan gabah kering hasil panen petani," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muratara, Titin Martini kepada Detik Sumsel, Rabu (21/02).

Karena itu, pada anggaran 2019 mendatang pihaknya berencana kembali mengusulkan kepada pemerintah pusat agar dibangun lumbung pangan tambahan.

"Kita akan mengajukan proposal secara elektronik untuk penambahan lumbung pangan karena melihat kondisi yang ada. Tentu masih belum ideal, karena masih banyak tempat penghasil padi yang tidak ada lumbung pangannya," tambah Titin.

Dia menjelaskan, enam unit lumbung pagan yang berada di Bumi Berselang  Serundingan tersebut, merupakan warisan dari kabupaten induk yaitu Musi Rawas.

Keenam lumbung pangan tersebut berada di Kecamatan Rawas Ulu, tepatnya di Desa Sugai Baung, Kecamatan Karang Dapo di Desa Kertasari, dan Setia Marga, Kecamatan Rawas Ilir di Desa Pauh, Kecamatan Rupit di Desa Bingin Rupit dan Kecamatan Rawas Ulu di Desa Lubuk Kemang.

"Kita akan cek lagi keberadaan lumbung pangan tersebut, apakah fasilitasnya masih lengkap atau tidak. Seperti gudangnya, tempat penjemuranya serta gilingan padinya," ungkap Titin. (der)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi