Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 07 Agustus 2017 17:08     Dibaca: 237 Pembaca

Napi Narkoba tak Mendapat Keringan Hukuman

cabang rutan Pagaralam

Pagaralam, Detik Sumsel – Sudah selayaknya kemeriahan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72 di tahun ini dirasakan seluruh rakyat Indonesia. Demikian juga bagi warga binaan di Cabang Rutan Pagaralam turut menantikan moment ini dikarenakan adanya keringanan masa tahanan.

Kepala Cabang Rutan Pagaralam, Elharyanto SH didampingi Kasubsi Yantanla, Nurdin, bahwa bersamaan peringatan HUT RI ada pengusulan remisi bagi napi yang sudah memenuhi syarat, salah satunya sudah menjalani masa hukuman minimal selama enam bulan.

“Untuk remisi umum 17 Agustus ini, kita sudah mengusulkan sekitar 56 napi  ke Kantor Wilayah Kemenkum HAM Provinsi Sumsel untuk mendapatkan pengurangan masa tahanan,” ujar dia, kemarin.

Elharyanto juga menyebutkan, adapun usulan keringan masa hukuman bagi napi meliputi RU 1 dengan pengurangan masa tahanan yang bervariasi dari satu bulan hingga ada yang empat bulan.

“Namun tidak menutup kemungkinan ada salah satu napi kita mendapat RU 2 atau bebas pas bertepatan dengan tanggal 17 Agustus nanti,” katanya seraya mengatakan, jika tak ada halangan bagi napi yang mendapat RU 2 akan diberikan santunan oleh Walikota Pagaralam bersamaan dengan upacara HUT Kemerdekaan RI.

Lanjutnya, tidak semua napi bisa diusulkan. Merujuk PP No 99 tahun 2012, bahwa khusus napi narkoba, tindak pidana korupsi dan teroris vonis diatas 5 tahun maka tidak mendapatkan remisi. “Napi narkoba di cabang rutan Pagaralam dominan masa tahanannya lebih dari lima tahun, namun ada yang dibawah lima tahun kita usulkan remisi, juga satu napi korupsi mendapat keringanan hukuman,” bebernya.

Untuk mendapatkan remisi umum ini juga disesuaikan dengan kriteria dilihat dari kelakuan napi selama menjalani masa hukuman mereka. Yang jelas berkelakuan baik atau mentaati tatatwetib di rutan, tidak membuat masalah atau keonaran. “Selama mereka berkelakuan baik tetap akan kita usulkan hak mereka untuk mendapatkan remisi,” ujar Elharyanto.

Tak terlepas control kepada warga binaan yang ada di lingkungan Cabang Rutan Pagaralam tetap dilakukan pengawasan ketat oleh petugas penjagaan atau sipir rutan. “Pengawasan internal rutan tetap kita tingkatkan kepada mereka (napi dan tahanan, red. Begitupun juga pengawasan terhadap kunjungan ke dalam oleh kerabat atau teman mereka,” kata Elharyanto seraya mengatakan untuk jam besuk tetap kita berlakukan sesuai prosedur, yakni jam besuk pagi mulai pukul 09.00 WIB- 12.00 WIB sedangkan jam besuk siang mulai pukul 13.00 WIB - 16.00 WIB. (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi