Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Efen Permata     Tanggal : 22 Mei 2017 10:04     Dibaca: 2725 Pembaca

Netizen Pertanyakan UIN Palembang Undang Ulama Syiah

Konfrensi Internasional dengan tema “Ilmu Sosial Kontemporer dalam Perspektif Imam Syafii” di gedung Akademik Center UIN Raden Fatah Palembang

Palembang, DetikSumsel- Kedatangan ulama Iran Ayatullah Husseini Shahroudi membawa pro dan kontra di kalangan netizen. Beberapa pengguna medsos bahkan mempertanyakan UIN Raden Fatah Palembang mengundang ulama yang diduga adalah ulama Syiah tersebut. Salah satunya seperti yang disebar oleh akun wayberkah di instagram dengan pertanyaan, ini ada tokoh syiah kenapa dibiarkan?

Postingan tersebut sontak mengundang banyak respon dari netizen, “Iya benar, dia akan datang ke Palembang besok, ke UIN untuk melakukan kerja sama katanya dalam pendidikan dengan Universitas di Tehran Iran. Apakah tidak sadar pihak UIN bahwa dengan kerjasama apapun akan membuat mereka merasa balas budi dengan bantuan mereka,” tulis akun bernama alexchandra_sumsel.

Tidak hanya itu, akun indonesiabertauhidofficial juga memposting hal serupa. “BAHAYA, akan diadakan acara yang mengundang tokoh syiah Ayatullah Husseini Shahroudi di Palembang,” tulis akun tersebut. Komentar pun beragam. “Beh parah di Universutas Islam pula, fix Indonesia ni darurat Syiah,” tulis akun akhwat_ghuroba.

Sementara itu, pihak Rektorat UIN Raden Fatah Palembang langsung mengklarifikasi berita tersebut. Melalui Wakil Rektor 1, Dr Ismail Sukardi menyebar klarifikasi melalui facebooknya dengan tulisan, bahwa tidak ada propaganda syiah dalam kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh FISIP UIN. Ini murni kegiatan ilmiah yang bertujuan menggali pengalaman keagamaan para pengikut Imam Syafii yang di Iran (Kurdistan) dan di Indonesia. “Tidak ada sama sekali bahasan tentang syiah. Malam pada acara Halaqah Ilmiah, para ulama NU muhammadiyah dan MUI semua hadir berdiskusi dengan tiga ulama dari Iran. Alhamdulillah tidak ada masalah, karena yang dibicarakan adalah bagaimana membuat agama Islam unggul dan ummat Islam diseluruh dunia bersatu dan kuat, dengan segala keragamannya,” terangnya.

Diketahui, yang bertajuk Konfrensi Internasional dengan tema “Ilmu Sosial Kontemporer dalam Perspektif Imam Syafii” tersebut. Selain Ayatullah Husseini Shahroudi, tam[pil sebagai pembicara imam besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nazarudin Umar dan Dekan FISIP Prof Amin Suyitno. Saat ini seminar sedang berlangsung di gedung Akademik Center UIN Raden Fatah Palembang. (Pen)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi