Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 06 Agustus 2017 21:20     Dibaca: 88 Pembaca

Pagaralam Masuk 50 Kabupaten/Kota Penerbitan KIA

foto istimewa

Pagaralam, Detik Sumsel – Pemerintah berkewajiban untuk memberi identitas kependudukan, kepada seluruh pendudukk warga negara Indonesia, berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara.

“Dalam peraturan Negara Republik Indonesia No.2 tahun 2006 tentang identitas anak ditegaskan bahwa Kartu Identitas Anak (KIA) adalah identitas resmi anak, sebagai bukti diri anak-anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota,” terang Asisten III Setdakot Pagaralam Syaiful Amri SH MM, ketika membuka sosialisasi penerapan KIA tahun 2017, bertempat di Lesehan Saung Gelis, Sabtu (6/8).

Implementasi dari peraturan menteri tersebut, ujar Syaiful, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam telah membentuk Tim pelaksana percepatan penerbiatan KIA Kota Pagaralam tahun 2017, untuk melakukan pemotretan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Kota Pagaralam.

“Dari data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam, terdapat 141 sekolah dengan 31.488 siswa di tahun 2016/2017. Rinciannya, 97 SD sederajat dengan siswa sebanyak 16.424, 26 SMP sederajat dengan siswa sebanyak 7.828 dan 18 SMA sederajat dengan siswa sebanyak 7.228,” bebernya.

Menurut Syaiful, sebanyak 16.424 siswa SD dan MI di seluruh wilayah Kota Pagaralam, telah dilakukan pemotretan oleh Disdukcapil Kota Pagaralam, yang dimulai sejak Fabruari - Juli 2017, bagi anak yang berusia 0 tahun sampai dengan 5 tahun, Disdukcapil Kota Pagaralam tidak melakukan pemotretan, tetapi tetap menerbitkan KIA bersama dengan penerbitan kutipan akta kelahiran.

“Sampai saat ini Disdukcapil belum melakukan percetakan KIA, dikarenakan belum ada dropping blanko KIA dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI di Jakarta,” jelasnya.

Lebih jauh Syaiful menyebut, masyarakat Pagaralam pun patut bersyukur bahwa Kota Pagaralam sendiri mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat sebagai salahsatu dari 6 kabupaten/kota di Sumsel, sebagai kota pelaksana penerbitan KIA tahun 2017. “Hal ini didasarkan pada ketentuan bahwa Kota Pagaralam telah memiliki cakupan akta kelahiran lebih dari 83%, dengan menggunakan aplikasi SIAK,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Pagaralam, Drs Bhakti N MSi, melalui Sekretaris, Zulkifli Lubis SE MM menuturkan, jika Pagaralam masuk dari 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia, yang ditetapkan menjadi salahsatu Kota untuk melaksanakan penerbitan KIA di tahun 2017.

“Karena itu dalam sosialisasi penerbitan KIA kita mengundang Kepala SD/MI dan SMP, dengan jumlah keseluruhan peserta 50 orang, agar dari hasil sosialisasi ini dapat disampaikan kepada peserta didiknya terkait pemahaman tentang KIA,” pungkasnya. (gud)


Warning: mysqli_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/taobvxhb/public_html/artikel/post.php on line 63
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi
 
 


Warning: mysqli_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/taobvxhb/public_html/index.php on line 376