Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 31 Maret 2017 16:16     Dibaca: 284 Pembaca

Panen Lebih Awal, Petani Sawah Tadah Hujan Bersyukur

Istimewa

OKU Timur, Detik Sumsel- Para Petani sawah tadah hujan yang berada di kawasan Desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang masuk masa panen. Yanto salah satu petani setempat, mengatakan setelah padi sudah mulai menguning dirinya langsung melakukan panen.

"Memang ada sebagian petani yang belum melakukan panen, karena kondisi buah padi belum terlalu masak, kita sangat bersyukur hasil panen sekarang lebih baik jika dibandingkan tahun lalu," katanya.

Sementara untuk bibit padi petani memilih bibit unggul, diantaranya IR 64 dan Ciherang. Selain itu, ketika padi tumbuh petani rutin melakukan pemupukan sehingga membuat hasil panen semakin meningkat

Sementara Miskiran petani lainnya mengatakan, memang terjadi pergeseran masa panen karena sempat tertundanya masa tanam dampak dari musim ekstrim. Setelah hujan, petani lalu tanam dan sekarang sudah memasuki masa panen.

Dikatakan, hasil panen disimpan terlebih dahulu sebelum dijual maupun digiling menjadi beras. "Padi ini kita simpan di rumah sebagian, lalu sebagian lagi disisihkan untuk kebutuhan sehari-hari menjelang masa tanam beri kutnya. Kalau masih ada sisanya maka akan kita jual untuk modal musim tanam berikutnya yang tidak lama lagi," terangnya.

"Kalau padi milik saya tidak dijual seluruhnya. Karena saya khawatir kalau nanti musim kemarau.Jadinya gabah simpanan itu untuk menutupi kebutuhan makan sehari-hari,kadang akan ada musim paceklik," pungkasnya. (rdn)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi