Diposting oleh : Iyan Ds     Tanggal : 03 September 2017 23:02     Dibaca: 415 Pembaca

Panggung Tijani vs Essien

Foto ilustrasi

Palembang, Detik Sumsel-Duel antara Sriwijaya FC versus Persib Bandung, Senin (04/09) malam pukul 18.30 WIB di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2017, dipastikan bakal menjadi pertarungan kualitas bagi Tijani Belaid dengan Michael Essien.

Kemampuan kedua pemain berlabel marquee player ini dalam mengatur tempo permainan, saat menyerang maupun bertahan akan menjadi kunci kesuksesan bagi tim yang dibelanya, dalam merealisasikan target maksimal dam meraup poin pada laga tunda pekan ke 20 tersebut.

Dari 14 pertandingan yang telah dijalaninya, Tijani Belaid telah mencetak 1 gol dan 6 assist. Gelandang asal Tunisia ini memiliki akurasi tembakan yang cukup baik yakni 46%. Kemudian akurasi operan 73% dan akurasi umpan silang 42%.

Sedangkan Michael Essien, dari 19 laga telah mencetak 3 gol dan mendapatkan tiga kartu kuning. Pemain asal Ghana itu memiliki akurasi tembakan 52%, akurasi operan 75% dan akurasi umpan silang 46%.    

Bagi Tijani Belaid, pertandingan ini menjadi ujian sebenarnya bagi dirinya sebagai seorang playmaker dalam mengalirkan bola kepada Hilton Moreira dan M Nur Iskandar yang bergerak di sisi sayap kiri dan kanan, maupun Alberto Goncalves sebagai penyerang tunggal dalam mengancam gawang Persib yang dijaga M Natsir.

Dia akan ditunjang oleh pergerakan Yu Hyun Koo dan Ichsan Kurniawan yang akan bertindak sebagai gelandang bertahan, dalam menghalau agresi lini tengah Persib yang dikomandoi Michael Essien, Hariono dan Raphael Maitimo.

Jika SFC ingin menguasai jalannya pertandingan dan memenangkan laga, maka ketiga pemain ini tidak boleh diberikan ruang gerak yang leluasa, agar tidak bisa dengan mudah menyodorkan bola kepada Febri Hariadi dan Shohei Matsunaga yang bergerak di sisi sayap maupun Ezechiel A N'Douassel dibarusan terdepan.

Namun tentu saja tidak mudah untuk mendikte Persib, karena Michael Essien dikenal sebagai sosok pemain yang cukup tangguh dalam menjaga daerah kekuasaannya dilini tengah. Apalagi dia akan dibantu oleh Hariono yang juga sangat baik dalam duel dari lawan satu.

Jika sudah begini, maka tinggal lagi bagaimana Tijani Belaid maupun Michael Essien mampu menjalankan tugasnya sebaik mungkin dalam menjaga stabilitas lini tengah tim, agar tidak mudah ditekan oleh lawan.

Saat ini SFC yang bertengger di posisi 12 memiliki poin 28, sedangkan Persib di urutan 10 mengumpulkan poin 29 atau hanya terpaut satu poin. Tambahan poin akan membuat SFC maupun Persib kembali ke papan tengah.

Pada pertemuan sebelumnya di putaran pertama, SFC takluk 2-0 dari Persib saat bermain tandang. Pertemuan kedua ini menjadi kesempatan bagi SFC untuk membalaskan kekalahan dan memperbaiki rekor pertemuan. Dalam kunjungan diajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lalu, SFC sukses membungkam Persib 3-0. (iyop)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi