Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 26 Juni 2018 20:18     Dibaca: 910 Pembaca

Pantau Bukit Siguntang, Alex Noerdin Rasakan Suasana Magis

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat meninjau lokasi Bukit Siguntang Palembang, Selasa (26/06).

Palembang, Detik Sumsel - Situs sejarah Bukit Siguntang menjadi sebuah tempat bersejarah yang ada di Kota Palembang.  Disini terdapat bukit rimbun dan asri yang merupakan titik tertinggi di Kota Palembang dan menyimpan banyak cerita misteri.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, menjelaskan, situs sejarah Bukit Siguntang merupakan wisata sejarah dengan luas 16 hektar yang merupakan aset luar biasa serta titik tertinggi Kota Palembang.

Dikatakannya, nama Bukit Siguntang memiliki arti khusus dengan kesesuaian keadaan lokasi. "Seperti kata kawan kita tadi karena Siguntang itu berarti mengapung dan kelihatan dari jauh seperti mengapung," jelasnya saat peresmian Galery Bukit Siguntang, Selasa (26/06).

Dalam kesempatan tersebut, gubernur selama dua periode itu juga menyempatkan diri untuk berkeliling dan memantau perkembangan Bukit Siguntang saat ini.

Tak hanya itu, dirinya juga sempat bertanya kepada para awak media tentang suasana magis di lokasi tersebut.

"Kamu teraso dak suasana Magis disini? Siapo yang dak teraso? Kamu dak pacak turun lagi, percayolah," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga menjelaskan, Bukit Siguntang sebelumnya telah dibuatkan kajian deliniasi serta kajian zonasi, yaitu zonasi inti, pendukung, serta pengembang. "Di kajian zona pengembanglah yang bisa dilakukan pembangunan, sehingga yang lain tidak banyak yang kita ubah," ujarnya.

Menurutnya, dengan konsep galeri yang telah ada galeri yang menceritakan tentang tiga sejarah.

"Tema yang diambil adalah kontemplasi. Ketika orang kesini meresapi bagaimana Bukit Siguntang ini adalah tempat persembahyangan sejak zaman dulu kala," tambahnya.

Masih dikatakannya, Bukit Siguntang hingga saat ini masih tetap menjadi situs yang dieskavasi oleh arkeolog.."Banyak sekali temuan yang sudah dibawa ke balai penelitian dan nantinya akan di bawa lagi ke galeri," pungkasnya.

Diketahui, Bukit Siguntang Palembang merupakan situs sejarah yang dahulunya dipercaya sebagai tempat ibadah keluarga kerajaan serta tempat pertapaan untuk menenangkan pikiran. Hingga saat ini, bukit dengan ketinggian ketinggian 29-30 meter dari permukaan laut tersebut masih tetap dianggap sakral oleh masyarakat setempat. (Wira)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi