Diposting oleh : Amin     Tanggal : 07 Juni 2017 17:06     Dibaca: 216 Pembaca

Pantau Kesiapan Hadapi Lebaran, Syarif Sidak Pasar dan Rumah Sakit

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat didampingi sejumlah kepala FKPD Muratara saat melakukan sidak di pasar desa Lawang Agung, Rabu (07/06).

Muratara, Detik Sumsel-Bupati Muratara, Syarif Hidayat bersama Sekda Muratara H Abdullah Matjik serta Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop), Dinkes, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Bagian Ekonomi lakukan inspeksi mendadak (sidak) disejumlah pasar dan rumah sakit di Kabupaten Muratara. Rabu (07/06).

Sidak yang dilaksanakan sekira pukul 10.00 wib tersebut melakukan pengecekan barang dagangan di pasar Desa Lawang Agung, dilanjutkan dengan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Muratara. 

Kepala Disprindagkop Kabupaten Muratara, H Syamsu Anwar mengatakan sidak ini guna menghindari bahan yang berformalin, daging oplosan dan harga yang melambung. "Kita mengambil beberapa sampel dari sidak pasar ini, hasilnya akan dites di lab Dinkes," kata Syamsu Anwar. 

Sampel yang diambil yakni mie kuning, kerupuk, beras, tahun mentah dan masak, ikan asin dan daging ayam. "Untuk daging ayam kalau masih dihinggapi lalat berarti aman untuk di konsumsi," ujarnya. 

Hal yang sama diungkapkan Bupati Muratara HM Syarif Hidayat bahwa dari hasil peninjauan pihaknya mengambil sample sejumlah barang untuk dilakukan pengecekan. Dia menjelaskan, hal tersebut dilakukan guna menghindari beredarnya zat-zat yang mengandung pewarna teksitil dan formalin bahkan daging oplosan. "Sampel yang kita ambil tadi akan di cek oleh Dinkes, dan hasilnya segera disampaikan beberapa hari kedepan," ujarnya. 

Menurut dia, untuk kesimpulan sementara pada daging sendiri kalau masih banyak dihinggap lalat berarti tidak ada zat formalin.  "Tapi kalau warga menemukan daging oplosan yang dipasarkan segeralah melapor ke pemerintah agar ditindaklanjuti," pungkasnya.(ffa)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi