Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 04 Juni 2018 19:04     Dibaca: 175 Pembaca

Panwaslu : Media Harus Profesional Jangan Provokatif

Sejumlah awak media foto bersama dalam Forum Diskusi Peran media dalam pengawasn Pilgub Sumsel yang diselenggarakan Panwaslu Ogan Ilir

Indralaya, Detik Sumsel - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ogan Ilir menilai media memiliki peranan penting dalam melakukan pengawasan pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018. Karena media memiliki kemampuan mendeteksi dan mengontrol isu-isu yang berkembang yang menjadi asumsi masyarakat luas.

Untuk itu, media harus dalam posisi netral, menyajikan berita yang akurat dengan sumber yang jelas secara profesional dengan tidak melalukan tindakan provokatif.

Ketua Panwaslu OI Idris S.Hi mengatakan peran penting media dalam melakukan pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur sangatlah penting  tentang isu yang berkembang di dunia demokrasi saat ini.

" Peran media dalam membantu mensukseskan pemilu sangatlah penting karena media biasanya menjadi rujukan informasi yang dikonsumsi masyarakat,  oleh karena itu setiap media harus bisa mengontrol dalam pembuatan pemberitaan terhadap pasangan calon. Media jangan mau dijadikan sebagai alat politik untuk menyerang pasangan calon lainnya yang nantinya akan menjadi konsumsi masyarakat, namun bersifat netrallah dan jangan provokatif, "katanya.

"Banyaknya masyarakat dan media yang saling menghujat pasangan calon pemilu 2018 dan ditambah terkadang tidak netralnya suatu media dalam membuat pemberitaan, hal ini akan menjadi konsumsi publik yang membuat pesta demokrasi menjadi hangat dan bisa berdampak negatif, "katanya.

Maka seharusnya media harus netral dan tidak boleh dalam membuat isu-isu tentang pasangan calon pilgub ini tanpa data dan fakta yang terkonfirmasi dan media harus berperan dalam mensukseskan pemilu 2018 ini.

Sementara Ketua KPUD OI Annahir mengatakan media adalah sebagai  informasi yang dapat membatu dalam mensukses demokrasi pemilu 

"Karena media merupakan jendela informasi yang bisa dapat dipercaya dalam mensukseskan pemilu 2018 ini,"katanya.

Selain itu media juga dalam melakukan penulisan pemberitaan haruslah berimbang karena setiap berita yang diterbitkan akan menjadi konsumsi masyarakat dan tidak menyuduti salah satu orang tersebut.

"Karena kita tahu bahwa ada juga salah satu media dalam membuat pemberitaan tidak berimbang atau tidak ada konfirmasi dengan pihak terkait oleh karena itu dengan mensukseskan pemilu peran media sangatlah penting,"terangnya. (AL)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi