Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 03 Juni 2018 16:45     Dibaca: 360 Pembaca

Panwaslu Lantik 445 Pengawas TPS

Ketua Panwaslu Herman Julaidi SH MH saat membacakan naskah pelantikan kepada seluruh anggota Pengawas TPS

Prabumulih, Detik Sumsel - Sebanyak 445 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) resmi dilantik. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Panwaslu Kota Prabumulih Herman Julaidi SH MH, Minggu siang (03/06) pukul 14.30 wib di aula Rumah Makan Siang Malam.

Turut hadir dalam pelantikan PTPS tersebut Anggota Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumsel, Divisi SDM dan Organisasi, Iin Irwanto ST MM  serta anggota komisioner Panwaslu Kota Prabumulih.

Herman mengatakan, sebelum dilantik pihaknya telah membuka pendaftaran penerimaan PTPS selama satu minggu. Dimulai sejak 21 sampai 27 Mei 2018. Pembentukan PTPS sebanyak 445 orang ini akan ditempatkan sesuai dengan jumlah TPS yang tersebar di seluruh kecamatan, kelurahan dan desa.

"Penerimaan peserta sudah dilakukan berdasarkan ketentuan, salah satunya yakni peserta pengawas harus berdomisili sesuai lokasi TPS yang akan diawasi. Nantinya akan dilakukan bimtek terkait peranan dan tugas PTPS," ujar Herman.

Lebih lanjut Herman menjelaskan, penyebaran 445 PTPS yang telah dilantik diantarnya, sebanyak 162 orang di wilayah Kecamatan Prabumulih Timur, 81 orang di Kecamatan Prabumulih Barat, 90 orang di Kecamatan Prabumulih Utara, 44 orang di Kecamatan Prabumulih Selatan, 28 orang di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) dan 40 orang di Kecamatan Cambai.

"PTPS merupakan jajaran pengawas paling bawah yang mulai ada pada Pemilu serentak, baik pilkada maupun pilgub 2018 di Kota Prabumulih. Secara tidak langsung mereka merupakan ujung tombak pengawasan yang diharapkan mampu bekerja maksimal mengawal demokrasi,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh, Iin Herwanto. Ia berpesan agar seluruh Pengawas TPS yang telah dilantik benar-benar bisa menjalankan tugas sebaik mungkin. Sesuai dengan sumpah jabatan yang telah dibacakan.

"Pengawas TPS adalah bagian dari Panwaslu dan Bawaslu. Untuk itu, sebagai penyelenggara pemilu kita harus kompak satu sama lain dalam mensuskseskan pemilu mulai dari hari ini hingga selesai," ungkapnya.

Dia berharap anggota PTPS yang telah dibentuk memiliki kredibilitas, integritas, dan kompetensi yang baik. Termasuk mampu menjaga independensi dan netralitas. Tujuan pembentukan PTPS yakni supaya pilkada dan pilgub di Kota Prabumulih bisa berjalan sesuai peraturan.

"Kita harus berani menegur dan melaporkan jika terdapat pelanggaran. Apabila anggota PTPS berani melaporkan segala bentuk kecurangan tentunya proses pemilukada di Kota Prabumulih ini akan berjalan dengan aman dan lancar serta adil. Jangan sampai kita selaku penyelenggara condong kepada salah satu calon. Meskipun Prabumulih hanya ada satu paslon tunggal. Laksankan tugas sesuai amanah dengan rasa penuh tanggungjawab," tandasnya. (Ichal)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi