Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 09 September 2017 19:04     Dibaca: 272 Pembaca

Peduli Rohingya, Hernoe Bersama AMI Sumsel Gelar Aksi Penggalangan Dana

Galang Dana Bentuk Kepedulian Rohingya

Palembang, DetikSumsel- Kepedulian atas tragedi kemanusian yang dialami oleh etnis Rohingya di Myamnar terus digelar berbagai elemen masyarakat. Kali ini, sekelompok remaja yang mengatas namakan Anak Muda Indonesia (Ami) Sumsel mendirikan tenda dan melakukan pengalangan dana di Simpang 5 DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (9/10).

Heriyansa, Sekretarist AMI Sumsel menjelaskan bahwa aksi ini adalah bentul prihatin atas tragedi kemanusian yang dialami oleh warga etnis Rohingya. “Sejak pecah tahun 2012 lalu, kekerasan sektarian terhadap orang Rohingya telah menyebabkan ribuan orang tewas," kata Yansya.

Menurut data UNHCR, lebih dari 168.000 orang Rohingya menjadi pengungsi ke Bangladesh dan sejumlah negara-negara ASEAN. "Karena itu, selama kita menyebut diri sebagai manusia, tidak ada alasan untuk diam atau menghindar bersikap atas kejahatan kemanusiaan di Myanmar. Kejahatan kemanusiaan itu harus dikutuk dan dilawan," katanya. 

"Posko ini akan dibuka selama 2 hari dan bantuan yang akan disalurkan langsung ke etnis rohingya melalui pengurus pusat AMI," sambungnya. 

Sementara itu, Hernoe Roesprijadji yang juga ketua Pembina AMI Sumsel hadir langsung di tenda peduli Etnis Rohingya dan memberikan bantuan solidaritas. 

“Islam mengutuk kekerasan. Bahkan tidak ada satupun agama dan ideologi di dunia ini yang membenarkan cara-cara kekerasan dalam kehidupan. Umat Islam umumnya ikut merasakan kepedihan yang sangat luar biasa atas peristiwa yang menimpa saudara-saudara kita yang berada di Myanmar.” kata Hernoe. 

Calon walikota Palembang dari PKB ini menerangkan, kepedulian merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan dalam menyikapi problem rohingya ini. Maka dari itu, dirinya mengajak semua komponen bangsa Indonesia dan dunia internasional untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan dalam rangka meringankan beban dan penderitaan saudara-saudara kita Rohingya.

"Diperlukan sinergi lintas-organisasi dan lintas-negara untuk melancarkan misi kemanusiaan bagi korban tragedi kemanusiaan Rohingya," pungkasnya. (Wira) 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi