Diposting oleh : AMS     Tanggal : 27 November 2016 14:05     Dibaca: 206 Pembaca

Pemkab OKI Terima Hibah Rp27,5Miliar Untuk Rehabilitasi Pasca Bencana

Penandatanganan Memorandum of Understanding oleh Bupati OKI H Iskandar, SE disaksikan manajemen BNPB di Graha BNPB,

Kayuagung, Detik Sumsel- Ditengah krisis anggaran yang dialami banyak daerah, justru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI di bawah komando H Iskandar, SE berhasil membuka keran dana hibah sebesar Rp27,5miliar dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Dana hibah itu diperunrukkan bagi bantuan dana rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Perjanjian Hibah Daerah (PHD) dalam rehabilitasi dan rekonstruki pasca bencana tahun anggaran 2016 itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding oleh Bupati OKI H Iskandar, SE disaksikan manajemen BNPB di Graha BNPB, Jakarta Timur belum lama ini.

“Perjanjian bantuan hibah ini, sebelumnya telah dilakukan verifikasi lapangan dengan indikator penyebab bencana, penilaian kerusakan dari ringan, sedang dan berat serta penentuan kewenangan verifikasi ada di BNPB,” ucap Deputi bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah.

Sebelumnya, jumlah bantuan hibah senilai Rp1,5 triliun. Lantaran adanya penghematan anggaran, Kementerian Keuangan melakukan pemotongan pagu anggaran sehingga bantuan hibah menjadi Rp750 Miliar ditahun ini. “Hal ini tidak mengurangi fungsi pemerintah dalam perpanjangan tangan dalam membantu korban pada pasca bencana,” jelasnya. 

Sementara itu, Bupati OKI H Iskandar, SE berharap bantuan dana ini dapat membantu upaya rehabilitasi lahan sawah, jalan usaha tani maupun infrastrukutur yang rusak akibat bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten OKI.

“Dana hibah ini berkaitan dengan tindak lanjut akibat bencana banjir yang melanda beberapa daerah di Kabupaten OKI, khususnya di lahan-lahan pertanian. Sudah ada kabar baik, agar ada pengurangan resiko baik  infrastruktur maupun kerugian lainnya. Tentunya kami sangat bersyukur usulan telah disetujui,” tutur Iskandar.

Iskandar juga mengapresiasi tinggi terhadap Pemerintah Provinsi Sumsel, BNPB, Kementerian Keuangan yang telah memberikan support serta kerja sama dan bantuan dalam rangka mengurangi kerugian pasca bencana.

"Terima kasih atas nama seluruh masyarakat OKI, khususnya petani yang mengalami bencana banjir,” ungkap Iskandar.

Terpisah, Kepala BPBD OKI, Azhar menyatakan pihaknya akan segera menyalurkan bantuan hibah pusat ini dengan mekanisme dan perundangan yang berlaku.

 “Alhamdulilah, setelah beberapa bulan terakhir, kami (Pemkab OKI) bekerja keras, akhirnya mendapatkan bantuan pusat ini. Nantinya dana itu langsung akan direalisasi melalui mekanisme dan aturan berlaku,” ujarnya.(Iyan)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi