Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 19 Mei 2017 19:08     Dibaca: 204 Pembaca

Pemuda Harus Berani Berwirausaha

Foto bersama usai pelatihan kewirausahaan.

Palembang, DetikSumsel- Persoalan pengangguran dan kemiskinan yang kerap kali menjadi problema di kota besar termasuk Palembang ternyata bukan sepenuhnya kesalahan pemerintah. Tetapi juga ditopang karena warganya tidak aktif untuk ikut andil dalam mengelolah dan memanfaatkan pesatnya pembanguna melalui usaha. 

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Kadin Sumsel, Husyam Usman saat menjadi narasumber dalam Pelatihan Kewirausahaan bagi pemuda di Hotel Ve Jl Mayor Ruslan Palembang, Jum'at (19/5).

"Pemuda hari ini perlu mempersiapkan diri menghadapi era MEA dan perdagangan bebas antar negara. Persoalan pengangguran dan kemiskinan bukan saja karena ketidakmampuan pemerintah dalam mengelola pembangunan, tapi juga andil masyarakat yang kurang aktif," kata Husyam. 

Menurut Husyam, pelatihan ini tidak boleh selesai pasa kegiata. Serimonial saja, tapi harus dijadikan momentum pergerakan pemuda memasuki dunia usaha dan terjun menjadi pelaku usaha. "Banyak peluang peluang bisnis yang bisa di garap," katanya. 

Hanya saja, lanjut Husyam, tentu harus sesuai minat dan bakat supaya ada kecintaan dalam mengelola bisnis bukan sekedar untuk mencari penghasilan tapi lebih dari itu untuk membuat kreasi kreasi produk dan rekayasa serta temuan temuan dalam barang maulun jasa. 

"Tentu hal ini bisa terjadi kalau ada kemauan yang kuat dipadu dengan hobi dan dorongan pemerintah serta penyiapan pasar yabg baik," ungkapnya. 

Dalam sesi tanya jawab, Husyam yang juga menjabat sebagai sekretaris wilayah Patani Sumsel ini memberikan contoh program tanpa modal. Tapi berbentuk konsinyasi, atau merajut semua  potensi yang telah dilakukannya bersama kanwil Patani Sumsel. Misalnya dalam tanam bawang merah, lahannya milik masyatakat dengan konsekwensi bagi hasil. Lalu, modalnya dari pemilik modal, pekerja nya dari petani dan manajerialnya dari perguruan tinggi. 

"Itulah konsep usaha tanpa modal tanpa bunga tanpa tapi bisa menguntungkan semua fihak," pungkasnya. (Wira) 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi