Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 29 Juni 2017 09:17     Dibaca: 811 Pembaca

Pencairan Dana Kuliah Gratis Disetop

Ilustrasi

Palembang, Detik Sumsel- Belum genap dua tahun Program Kuliah Gratis (PKG) diluncurkan mulai tahun ajaran baru 2017/2018 ini terpaksa disetop. Banyak persoalan yang mengharuskan program Gubernur Sumsel Alex Noerdin ini dihentikan, termasuk salah satunya karena pemangkasan anggaran yang sangat besar dari Pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo MPd mengaku penyetopan pencairan dana kuliah gratis ini tidak menghalangi aktifitas perkuliahan mahasiswa yang sudah menerima dana PKG sebelumnya. "Tetap jalan, hanya saja program ini tidak dilanjutkan dengan merekrut mahasiswa penerima PKG lagi, tetapi mereka yang sudah menerima PKG tetap dialokasikan untuk biayanya," kata Widodo kepada Detik Sumsel.

Widodo menambahkan, kepada mahasiswa yang sudah menerima PKG tidak perlu khawatir karena pembiayaan kuliah mereka tetap menjadi tanggung jawab Pemprov Sumsel. "Ini kan hanya disetop untuk merekrut yang baru, jadi mahasiswa yang sudah dapat sebelumnya tidak usah cemas, Pemprov Sumsel tetap bertanggung jawab untuk mengalokasikan dana PKG," tuturnya.

Menurutnya, penyetopan pencairan dana PKG ini sudah dipikirkan secara matang dan tidak akan menganggu proses perkuliahan mahasiswa yang sudah menerima PKG di tahun-tahun sebelumnya. "Ya, tidak menutup kemungkinan nantinya PKG ini akan dialokasikan lagi, saat ini kondisi keuangan banyak yang dipangkas jadi beberapa program terpaksa disetop dahulu," ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini sudah tercatat ratusan mahasiswa penerima PKG di Sumsel yang tersebar di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. "Gak mungkinlah mereka yang sudah kuliah harus disuruh stop juga, mereka yang terpilih kan adalah mahasiswa yang berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu tentu harus di support terus," pungkasnya. (tet)

 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi