Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 27 Agustus 2017 20:26     Dibaca: 681 Pembaca

Pencak Silat Tapak Suci Juara Umum Kejuaraan Pencak Silat IPSI Kota Palembang

Pesilat kelas C Putra dan Putri menjadi pesilat terbaik pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Kota Palembang Tahun 2017

Palembang,Detiksumsel - Pesilat kelas C Putra dan Putri menjadi pesilat terbaik pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Kota Palembang Tahun 2017 yang diselenggarakan dari 21 - 25 Agustus 2017 di OPI Mall Jakabaring Palembang.

Untuk Kategori Dewasa peraih Juara umum I jatuh pada Perguruan Pencak Silat Tapak Suci dengan perolehan medali 5 emas, 1 perak dan 1 perunggu dan untuk kategori usia dini juara I diraih perguruan silat tapak suci.

Kejuaraan tersebut telah resmi ditutup  Mularis sebagai Dewan Kehormatan IPSI Kota Palembang,25 Agustus kemarin.

Ketua Umum Pengcab IPSI Kota Palembang M.Wiratama Yudha, ST menyampaikan, kejuaraan ini merupakan ajang silaturahmi antar perguruan silat di Kota Palembang dan sekaligus menjadi ajang pencaharian bibit atlet untuk mewakili Kota Palembang menuju Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan pada bulan Desember tahun 2017 mendatang di Kota Palembang.

Kejuaraan IPSI Kota Palembang tersebut terannya diikuti oleh sejumlah perguruan pencak silat yang resmi ada di lingkungan IPSI Kota Palembang, antara lain : Perisai Diri (PD), Tapak Suci (TS), Dikapasita, Himpunan Seni Silat Indonesia (HIMSSI), Satria Mandiri (SM), Naga Mas, ASAD, Perguruan Setia Hati Terate (PSHT), Jari Sakti, Kera Sakti dan masih banyak perguruan silat lainnya di Kota Palembang termasuk salah satunya Perguruan Pencak Silat yang baru diresmikan oleh Ketua Umum IPSI Kota Palembang pada tanggal 21 Agustus 2017 bersama 4 (empat) perguruan baru lainnya yaitu Perguruan Pencak Silat HIMSSI Generasi Penerus (HIMSSI GP).

"Pertandingan ini diikuti oleh pesilat yang di bagi menjadi 2 (dua) kategori usia, yaitu : Usia dini (lahir tahun 2005 sampai dengan tahun 2007) dan Usia dewasa (Maksimal 21 tahun). Peraturan yang dipergunakan oleh Penyelenggara menggunakan Munas PB IPSI tahun 2012 dan perubahannya,"jelasnya.

Adapun kategori masing-masing kelasnya adalah : 1. Untuk dewasa : Putra kategori tanding 10 kelas (A s.d J) ditambah Tunggal Putra dan Beregu Putra; Putri kategori tanding 6 kelas (A s.d F) ditambah Kategori Tunggal Putri dan Beregu Putri.

Sedangkan Untuk usia dini : Putra kategori tanding 13 kelas (A s.d L dan kelas bebas putra) ditambah kategori Tunggal Putra; Putri kategori tanding 11 kelas (A s.d J dan kelas bebas putri) ditambahkan kategori Tunggal Putri.
Pertandingan yang memakan waktu 5 (lima) hari sejak di buka dari tanggal 21- 25 Agustus 2017 yang dimulai dari pukul 10.00 wib sd pukul 22.00 WIB di OPI Mall Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Hal ini dikarenakan pihak penyelenggara menerapkan sistem pemberian sangsi kepada peserta yang tidak tertib dan tidak mematuhi peraturan dimulai dari ringan sedang hingga berat.

Pertarungan sengit terjadi pada partai Final pilihan jatuh pada Kelas C Putri kategori Dewasa antara Siti Marisha Juliama (HIMSSI) disudut biru berhadapan dengan Cindy Permata Dewi (Satria Mandiri) disudut merah di mana Cindy beberapa kali melakukan serangan balik kepada Marisha namun dapat ditahan dengan mudah melalui proses jatuhan beberapa kali dan wasit menyatakan poin jatuhan untuk Marisha.

Setelah pertarungan sengit tersebut pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Siti Marisha dengan skor telak yaitu 0-5. Akan tetapi kemenangan ini tidak diikuti oleh rekan seperguruannya yaitu Fatan Halim (HIMSSI) disudut biru berhadapan Ali Akbar (Tapak Suci) di sudut merah pada kelas C putra kategori dewasa.

Pada partai ini dimenangkan oleh Ali Akbar dengan skor 5-0. Pada partai pilihan lainnya yaitu tanding kelas D Putra Dewasa antara Kgs.Fachriza (PSHT) sudut biru berhadapan dengan Ibnu Agil(ASAD) dimenangkan oleh Fachriza dengan kemenangan Undur Diri (UD).

Kejuaraan tersebut telah resmi ditutup oleh Bapak Mularis sebagai Dewan Kehormatan IPSI Kota Palembang, Sumatera Selatan pada tanggal 25 Agustus 2017 dengan hasil sebagai berikut :

1. Untuk Kategori Dewasa peraih Juara umum I jatuh pada Perguruan Pencak Silat Tapak Suci dengan perolehan medali 5 emas, 1 perak dan 1 perunggu disusul sebagai Juara Umum II diraih oleh Perguruan Silat HIMSSI dengan perolehan medali 3 emas, 2 perak dan 2 perunggu dan diposisi terakhir diraih oleh Perguruan Silat PSHT dengan jumlah perolehan medali yaitu 2 emas dan 1 perunggu dan Juara Umum IV diraih Perguruan Pencak Silat Naga Mas dengan perolehan medali 2 emas.

Untuk Kategori Usia dini juara I diraih perguruan silat tapak suci, ASAD, Satria Mandiri dan HIMSSI. Pada sesi akhir Iqbal (selaku Ketua Penyelenggara) menyebutkan peserta terbaik masing-masing kategori usia baik dewasa maupun usia dini diberikan penghargaan berupa piala sebagai pesilat terbaik.

Adapun predikat pesilat terbaik putra dan putri tersebut jatuh pada atlet Perguruan HIMSSI yang berada di Kelas C putri atas nama Siti Marisha Juliama sedangkan untuk putra di raih oleh Ali Akbar  dari Perguruan Tapak Suci yang juga berada di kelas C putra dewasa. (Rel/Faz)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi