Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 11 September 2016 10:37     Dibaca: 1867 Pembaca

Pencalonan Beni Hernedi Terancam Dianulir

Ketua KPU Muba, Firdaus Marvel saat memberikan materi bimtek kepada PPK beberapa waktu lalu

SEKAYU- Pergantian sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muba Beni Hernedi beberapa waktu lalu menuai kontroversi. Pasalnya, terkait apa yang dilakukan tersebut dapat membatalkan pencalonan Beni sebagai calon Bupati Muba.

Jika memang penggantian sejumlah pejabat di Muba beberapa waktu lalu tidak ada persetujuan Mendagri sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016, maka kalau Plt Bupati sekarang Beni Hernedi benar kembali mencalonkan diri kemungkinan besar akan gagal dalam tahap pencalonan tersebut.

“Jika memang yang nantinya yang bersangkutan mendaftar, kami akan melihat kelengkapan dokumen dan berkoordinasi dengan Panwaslu. Kalau memang tidak ada izin Mendagri dalam mengganti pejabat beberapa waktu lalu maka pencalonannya akan dianulir. Namun kalau ada izin, maka beliau dapat melanjutkan ke tahap berikutnya," ungkap Ketua KPU Muba, Firdaus Marvel kepada Detik Sumsel.

Dikatakan, saat ini pihaknya belum bisa memastikan langkah apa yang akan diambil. Pasalnya, memang tahapannya belum memungkinkan untuk dapat diverifikasi. "Kita juga kan belum mengetahui siapa saja yang akan dicalonkan," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BKD Sumsel Muzakir memastikan kalau penggantian sejumlah pejabat di Muba pada Juli lalu tanpa persetujuan Gubernur. "Gubernur tidak pernah memberikan izin kepada Wakil Bupati atau Plt Bupati Muba untuk melakukan atau tidak melakukan mutasi PNS pada periode bulan Juli atau sebelumnya," tegas Muzakir. (Tet)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi