Diposting oleh : Edy Parmansyah     Tanggal : 22 Januari 2017 23:27     Dibaca: 531 Pembaca

Penyulingan Minyak Ilegal Meledak Lagi

Ledakan dahsyat terulang kembali di lokasi pengolahan minyak mentah ilegal. Tepatnya di RT 5 Lingkungan 1, Kelurahan Babat, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin, pada Sabtu (21/1) sekitar pukul 06.00 Wib.

Sekayu, Detik Sumsel - Meski sudah berulang kali terjadi musibah ledakan yang menelan banyak korban jiwa, tetapi sayangnya hingga kini aktivitas ilegal, baik pengeboran maupun penyulingan minyak mentah oleh warga di Kabupaten Musi Banyuasin terus berlangsung.

Kali ini, ledakan dahsyat terulang kembali di lokasi pengolahan minyak mentah ilegal.  Tepatnya di RT 5 Lingkungan 1, Kelurahan Babat, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin, pada Sabtu (21/1) sekitar pukul 06.00 Wib.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, lokasi ledakan milik dari Untung (40) yang merupakan penyewa lahan. Sedangkan pemilik lahan adalah Rasid (53) yang merupakan warga Dusun I, Desa Toman Kecamatan Babat Toman.

Menurut salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya, bahwa sekitar pukul 05.30 Wib, sudah dimulai proses pengolahan minyak mentah, atau istilah warga sekitar memasak. Sekitar pukul 06.00 Wib  terjadi percikan api dari bawah tungku pengolahan yang mengakibatkan api tersebut menyambar ke minyak masak di penampungan sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Karena terjadinya kebakaran tersebut sehingga semua pekerja lari menjauh dari tempat penyulingan,” katanya. Dijelaskannya, kondisi api yang membesar merambat dan melalap empat tungku pemasakan dan sekitar 100 drum minyak masak maupun minyak mentah yang ada di sekitar lokasi. “Sekitar pukul 06.45 Wib upaya pendaman dibantu oleh unit Damkar dari Kecamatan Babat Toman, dan mampu dipadamkan sekitar dua jam kemudian,” pungkasnya,

Sebelumnya, Kapolres Muba AKBP Julihan Muntaha melalui Kasat Reskrim AKP N Edyanto membenarkan adanya kebakaran akibat penyulingan minyak ilegal. Selain membakar habis sekitar wilayah penyulingan, kebakaran juga mela laphabis satu unit sepeda motor dan sekitar 100 drum minyak. “Memang benar terjadi lagi ke bakaran di tempat penyuli ngan minyak ilegal. Kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Saat ini lokasi sudah diamankan dan dipasang police line. Selainitu, olah tempat kejadian perkara (TKP) juga kita lakukan,” tandas dia. (edy)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi