Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 29 Oktober 2016 20:05     Dibaca: 268 Pembaca

Perlindungan K3 Hak Pekerja

Ketua LBH PI, Sudirman Zabidi berbincang dengan Asisten IV Provinsi Sumsel, Joko Imam Satosa sebelum pembukaanD iskusi K3 Nasional di hotel Quin Centro Palembang, Sabtu (29/10/)

Palembang, Detik Sumsel-Pelaksanan program pemerintah tahun sadar Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3). K3 merupakan hak Azasi Manusia dan bagian yang terintegrasi dengan agenda pembangunan berbasis manusia.  Sosialisasi K3 ini dirasakan belum maksimal. Didasarkan perihal tersebut Lembaga Bantuan Hukum Pekerja Indonesia (LBH PI) mengelar Diskusi K3 Nasional di hotel Quin Centro Palembang, Sabtu (29/10/)

Ketua LBH PI, Sudirman Zabidi mengungkapkan bahwa masih banyak perusahaan yang belum melaksanakan K3. Dari pihak perusahaan belum sepenuhnya berkomitmen melindungi K3 pekerjanya sementara terkadang pekerja sendiri melalaikan aturan-aturan K3.

“Ini menjadi tugas kita bersama untuk mensosialisasikan K3 baik pada perusahaan maupun pekerja,” terang Sudirman Zabidi Ketua LBH Pekerja Indonesia.

Seminar ini dihadiri oleh Asisten 4 Pemprov Sumsel dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumsel. sementara peserta seminar berasal dari dinas terkait seperti Dinas PU Musi Rawas, perwakilan perusahaan, serikat pekerja dan mahasiswa.

Sementara Pihak yang juga terkait langsung dengan perlindungan K3 pekerja yaitu BPJS ketenagakerjaan tampak tidak hadir.

“Ini yang kita sesalkan, pihak BPJS tidak hadir untuk memberikan materi padahal merekalah selama ini yang terkait dengan hak perlindungan K3 pekerja,” jelasnya

Sementara itu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Asisten 4 Joko Imam Santosa mengatakan ada duapuluh sektor tenaga kerja berkaitan dengan K3, hal ini sangat strategis dan penting masalah K3, pada dasarnya pengawai itu harus mendapat perlindungan K3 dan  menjadi Hak.
"Sumsel yang sedang menyandang tugas negara sebaga penyelenggara Asian Games, masalah K3 sangat strategis untuk di bicarakan karena ini berkaitan dengan sumsel memperhatikan tenaga kerja memenuhi unsur K3," Kata Joko Iman Santosa (fir)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi