Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 31 Agustus 2016 03:59     Dibaca: 1751 Pembaca

Persiapan Peningkatan PDD AKN OKU, Politeknik Negeri Sriwijaya dan Pemkab OKU gelar Workshop

Foto Bersama

Baturaja, Detik Sumsel  –  Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri)  bekerjasama dengan Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU)) menggelar Workshop penyusunan Dokumen Akademik Program studi yang diselenggarakan diluar Domisili (PDD) pendirian rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Ogan  Komering Ulu (OKU),  workshop yang dipusatkan di SMK Negeri  1 OKU ini guna memberikan pelatihan kepada para pengurus dan Dosen AKN OKU dalam mempersiapkan dan menyusun dokumen-dokumen yang diperlukan untuk meningkatkan status dari PDD rintisan AKN OKU menjadi  AKN OKU.  “workshop penyiapan dokumen kemandirian dari Rintisan menjadi AKN OKU”. Kata Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Dr. Ing Ahmad Taqwa, M.T.Selasa (30/8).

Pembukaan workshop ini ditandai dengan pengalungan tanda peserta yang dilakukan secara langsung oleh Bupati OKU yang diwakili oleh Sekda OKU  Marwan Sobrie dan disaksikan oleh Direktur Polsri Dr Ing Ahmad Taqwa MT,  Direktur PDD Polsri AKN OKU yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) OKU Drs Mahyudin Helmi  MM,, Kepala Badan Pertanahan OKU, Kepala Bapeda OKU, serta para peserta yang terdiri dari pengurus dan dosen AKN.

 Sekda OKU Marwan Sobrie sebelum menyampaikan sambutan tertulis Bupati OKU Drs Kuryana Aziz mengatakan pendirian perguruan tinggi di OKU sudah lama direncanakan dan diharapkan, bahkan hal ini sudah diwacanakan sejak kepemimpinan Bapak Yulius Nawawi, namun selalu menemui kendala karena Dikti tidak memperbolehkan lagi Universitas menjadi Perguruan tinggi negeri . sampai akhirnya Pak Kuryana melanjutkan keinginan tersebut dan dibawah kepemimpinannya tepat pada tahun 2015 kemarin akhirnya usulan kita untuk mendirikan AKN ini disetujui dan Kemendikti langsung meninjau ke OKU. “Saya diminta Pak Bupati untuk mendampingi  Tim pendirian AKN ini,  dan pak bupati tak ingin ini sampai gagal” ungkapnya.


Selain itu dikatakan Marwan, Pemerintah Kabupaten OKU sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini dikarenakan dapat berfungsi sebagai  bagian dari upaya sosialisasi atas eksistensi lembaga pendidikan AKN di OKU. “tujuan pokok pendirian AKN OKU ini pada dasarnya untuk memperluas akses pelayanan pendidikan tinggi, membangun kompetensi tehnis, mendukung proggram pemerintah pusat dalam membangun SDM dan mengembangkan Potensi Ekonomi daerah serta memantapkan fungsi OKU sebagai pusat pendidikan bagi daerah sekitarnya” tukasnya.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Dr. Ing Ahmad Taqwa, M.T. mengatakan untuk mempersiapkan peningkatan status rintisan menjadi AKN OKU, harus dipersipakan beberapa Dokumen  diantaranya, Dokumen Study kelayakan  dalam bentuk nasakah akademik, Tanggung Jawab Statuta, Rencana Induk Pengembangan, Rencana strategis, Organisasi tata kelola,  penjamin mutu , dokumen kerjasama bidang usaha kerja OKU, dan dokumen kelengkapan sarana pasarana .

“Draf ini kita rapikan dan kita bahasa dalam Workshop, dokumen ini  secara teknis tercantum dalam Permen  Ristekdikti no.48 tahun 2015, setelah lengkap baru ini akan dinaikkan ke kementrian, kita duduk bersama untuk melakukan pembahasan peningkatan status tadi, OKU hanya diberi waktu 3 tahun untuk jadi PDD, dan lamanya proses perubahan ini tergganntung dari komitmen kuat penguurus dan Dosen,” pungkasnya. (ADV/fei)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi