Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 08 Mei 2017 13:36     Dibaca: 452 Pembaca

Perusahaan New York Kembangkan Susu Sapi Tanpa Sapi

Istimewa

DETIK SUMSEL – Sebuah perusahaan start up yang berbasis di New York, Perfect Day, mengembangkan penemuan susu sapi tanpa membutuhkan sapi. Ryan Pandya dan Perumal Gandh ilmuwan dari India, membuat susu sintesis yang rasa, warna serta nutrisinya sama persis dengan susu sapi.

"Kita tidak lagi membutuhkan sapi untuk menghasilkan susu sapi. Kita hanya butuh menyeduhnya dengan ragi, sama seperti membuat bir,” ungkap kedua ilmuwan tersebut.

Meski terdengar mustahil, keduanya mengklaim jika susu buatannya ini diolah dengan teknologi mumpuni. Ryan berlatar belakang teknik biomedis, sedangkan Perumal ahli teknik mesin dan jaringan.

"Dasar dari susu kami adalah ragi. Tapi, bukan ragi sembarangan. Kami menjulukinya 'buttercup' karena ragi ini ibaratnya adalah sapi kami," ujar Ryan Pandya melansir dari Oddity Central.

Apa yang mereka lakukan sungguh tidak mudah dipahami oleh orang awam. Mereka mengaku memasukkan DNA sapi ke ragi sehingga membuatnya berfungsi seperti sapi. Dengan kata lain, mereka melakukan rekayasa genetik untuk membuat ragi tersebut.

"Ketika ragi difermentasi gula, protein yang asli (kasein dan whey) akan terbentuk. Kemudian kombinasi lemak dan nutrisi nabati menciptakan susu bebas laktosa," sambungnya.

Susu itu diklaim memiliki rasa yang sama, warna, tekstur hingga nutrisi yang sama. Bedanya, susu ini tidak mengandung laktosa dan tidak berasal dari sapi. "Tubuh Anda tidak bisa membedakannya karena sama dalam segala hal," ujarnya.

Susu bikinan Perfect Day dianggap memiliki keunggulan dibanding susu sapi biasa. Susu tersebut mempunyai masa simpan yang lama, bebas laktosa, bebas hormon, bebas steroid, serta non-kolesterol.

Anda tertarik mencobanya? Mereka menjualnya secara online. Banyak orang yang menjuluki susu mereka dengan sebutan susu 2.0. (net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi