Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Red     Tanggal : 26 Mei 2018 15:03     Dibaca: 421 Pembaca

Pilih Jalur Politik untuk Mengabdi

Nandriyani Octarina S.Psi.,CHA

SMART begitu kesan pertama Detik Sumsel saat berbincang dengan Nandriyani Octarina S.Psi.,CHA. Matanya tajam, gaya bicaranya penuh optimisme, tapi tutur katanya sopan dan sangat menghargai setiap lawan bicaranya.


WALAU terbilang masih sangat muda, dara cantik kelahiran Palembang, 20 Oktober 1995 ini sudah memiliki wawasan politik yang cukup luas dan pergaulannya lintas organisasi dan partai. Hal inilah yang mendasarinya maju dalam kontestasi pemilihan legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumsel tahun 2019 nanti.

“Awalnya ini dorongan dari teman-teman, kegiatan sosial dan aktivitas organisasi yang saya lakukan kemana muaranya? goalnya apa? Kemudian masukan dari senior dan keluarga untuk maju dari DPD saja, independen non partai agar bisa berbuat lebih banyak,” kata Iik panggilan akrab Nandriyani mengawali perbincangan, Jum’at (25/5).

Sosok Iik, sapaan akrab Nandriyani cukup diperhitungkan sebagai lawan tanggung untuk merebut 4 tiket kursi DPD RI dari Dapil Sumsel menuju Senayan. Pasalnya, selain mewakili kaum perempuan, alumnus Unsri Fakultas Kedokteran Prodi Psikologi ini dinilai sebagai sosok muda dan potensial.

“Saya-kan masih single kak, belum punya suami dan anak. Jadi memang diusia muda ini saya ingin mengabdi total pada masyarakat melalui jalur politik legislatif,” katanya santai.

Kemampuan komunikasi yang baik dan jaringan organisasi yang luas menjadi modal utama puteri dari pasangan Ir H Hendri Eriadi MM dan Hj Nahayu Chaturina SE ini. Tercatat, kini ia menjabat sebagai ketua DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Sumsel, ketua Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam (AMKPD), ketua IKA Psikologi Unsri, sekretaris Sosial Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI) Sumsel dan ketua Divisi Sosial DPD Demokrat Sumsel. “Jaringan organisasi ini dan pertemanan lintas partai menjadi modal bagi saya,” sambungnya.

Berbagai kegiatan sosialpun terekam pernah digelar oleh pengusaha wanita muda ini melalui organisasinya. Diantaranya konsen menyantuni kaum lansia, pembinaan dan pengembangan UMKM melalui organisasi Perwira dan aksi melestarikan tradisi dan budaya Palembang Darussalam melalui AMKPD. “Jadi kegiatan ini sudah rutin, bahkan sejak Iik mahasiswa, bukan mau maju DPD saja. Justru jika nanti terpilih kegiatan sosial ini akan semakin meluas memberikan manfaat bagi masyarakat,” janjinya.

Sebagai gereasi millenial, Iik menilai banyak sekali hal yang bisa diperjuangkan untuk Sumsel melalui Senator DPD RI jika rakyat mengamanahkan nantinya. Diantaranya, soal pemekaran daerah, dana desa yang masih belum tepat sasaran dan ketimpangan belum meratanya antara kota dan desa. “Ini menjadi motivasi saya, sebenarnya masyarakat desa itu sederhana, bagaimana mereka bisa tinggal nyaman, anak sekolah dan lahan pekerjaan ada di desa. Ini menerut saya menjadi panggilan untuk memperjuangkannya,” tuturnya.

Pemilik Rumah Kebaya ND ini tak lupa meminta dukungan dan restu masyarakat Sumsel agar dimudahkan hajatnya maju sebagai senator DPD RI. Wilayah Sumsel yang cukup luas dengan kompetitor putera-puteri terbaik Sumsel, menjadi tantangan baginya untuk bisa menunjukkan bahwa perempuan, apalagi pemuda punya potensi untuk berbakti pada daerah dan bangsa.

“Untuk syarat dukungan alhamdulillah sudah tidak ada kendala, waktu pendaftaran kita serahkan 4.210 dukungan ke KPU lebih dari syarat minimal 3.000 dukungan. Saat verifikasi ada beberapa yang terkendala e-KTP karena dukungan Iik banyak dari kalangan pemilih pemula, tapi semua sudah teratasi kok. Mohon doanya ya..,” pungkasnya. (Buy)


Biodata singkat:

Nama               : Nandriyani Octarina S.Psi.,CHA

TTL                  : Palembang, 20 Oktober 1995

Orang Tua       : Ir H Hendri Eriadi MM (ayah) dan Hj Nahayu Chaturina SE

Pendidikan      : S1 Unsri Fakultas Kedokteran Prodi Psikologi

Usaha/Bisnis   : Keliner dan Fashion

Organisasi:

Ketua DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Sumsel

Ketua Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam (AMKPD)

Ketua IKA Psikologi Unsri

Sekretaris Sosial Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI) Sumsel

Ketua Divisi Sosial DPD Demokrat Sumsel.


Sumber: Liputan Detik Sumsel

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi