Diposting oleh : AMS     Tanggal : 31 Juli 2017 15:15     Dibaca: 644 Pembaca

Pilkada Palembang, Head To Head Harnojoyo Vs Sarimuda

Pertarungan Pilkada kota Palembang

Palembang, DetikSumsel- Pemilihan kepada daerah (Pilkada) kota Palembang tahun depan diprediksi akan adu kuat antara Harnojoyo (incumbent) versus Sarimuda. Meskipun banyak pihak yang memetakan akan terdapat tiga pasangan calon, tapi dua nama tersebut kemungkinan yang akan terjadi persaingan ketat seperti Pilkada 2013 lalu. 

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Ariyanto MSc M.Si mengatakan,  jika melihat hasil survey secara objektif. Maka partai akan mengusung dua nama diantara yang tertinggi elektabilitasnya. Nah sejauh ini, yang tertinggi hanya Sarimuda dan Harnojoyo. "Kalau kita lihat rilis survey, maka dua nama tersebut berada di atas dan bisa saja head to head diantara keduanya," kata Ariyanto kepada DetikSumsel.Com, Senin (31/7).

Dikatakan, konsultan politik biasanya akan merekomendasi partai untuk mengusung pasangan calin tertinggi elektabilitasnya. Apalagi angka selisih masih berada dalam margin of eror sehingga sangat dinamis untuk dikejar. "Biasanya rekomendasi akan diberikan kepada dua teratas, apalagi jika selisih sudah 20 persen maka sulit kemungkinan akan diusung," ungkapnya. 

Namun demikian, ia tetap memprediksi pilkada Palembang akan terdapat tiga pasangan calon dari partai diluar kemungkinan pasangan independen. Sebab, Palembang sebagai barometer politik Sumsel akan menjadi adu gengsi antar partai politik. "Kalau adu gengsi jelas ada partai yang akan maju meskipun calon yang diajukan jauh elektabikitasnya dengan dua nama tersebut," ungkapnya. 

Ariyanto menilai yang lebih menarik lagi nantinya, siapa yang akan berpasangan dengan Sarimuda. Sebab berbeda dengan Harnojoyo yang sudah dipastikan berpasangan dengan Fitrianti Agustinda, sementara Sarimuda sepertinya masih wait and see. "Pasti pak Sarimuda tidak ingin salah pilih wakil, karena ini juga menentukan kemenangan," ungkapnya. 

Ia pun memprediksi sejumlah nama yang memiliki trend untuk berpasangan dengan Sarimuda. Berdasarkan hasil survey, empat nama berpotensi menjadi wakil Sarimuda yakni, Lury Elza Alex, Hernoe Roesprijadji, Abdu Rozak dan M Akbar Alfaro. "Nama-nama tersebut kandidat kuat jika dipasangakan dengan Sarimuda untuk bersaing dengan pasangan Harnojoyo-Finda ketika disodorkan kepada pemilih," ulasnya. 

Soal wakil Sarimuda, Ariyanto pun memprediksi, jika ingin kuat maka harus berkoalisi dengan partai religius. Sebab, untuk partai nasionalis sudah tercerminkan di pasangan Harno-Finda. "Pasangan mencerminkan figur religius akan menguatkan Sarimuda," pungkasnya. (Dul)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi