Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Maya     Tanggal : 28 Juni 2018 19:48     Dibaca: 151 Pembaca

Pilkada Serentak dan Asian Game Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Sumsel

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Rudy Hairuddin saat menyerahkan plakat, Kamis (28/06).

Palembang, Detik Sumsel - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Selatan mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Sumsel di triwulan 1 menyentuh 5,69 persen. Angka tersebut dinilai cukup tinggi dibandingkan di wilayah lain.

"Diseminasi kajian ekonomi ini memberikan informasi terkini Sumsel ke depan dan BI dalam setahun dua kali juga merilis mengenai kondisi pertumbuhan ekonomi," ungkap Hari Widodo, Deputi Direktur BI Perwakilan Sumsel dalam acara Diseminasi Kajian Ekonomi Keuangan Regional Sumsel di Hotel Arista Palembang, Kamis (28/06).

Dari data yang dirilis di Triwulan I, pertumbuhan ekonomi mampu mencapai 5,89 persen. Tentu saja angka tersebut cukup besar dan tren tersebut masih akan berlanjut di Triwulan II dan III mengingat peluangnya masih cukup besar.

Pertumbuhan di Triwulan pertama 2018 yang melejit banyak dipengaruhi beragam faktor yang didorong oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan investasi.

Selain itu kinerja ekspor juga memberikan kontribusi yang cukup besar dan pertumbuhan ekonomi Sumsel berada di atas Sumatera dan Nasional.

"Pertumbuhan ekonomi Sumsel tumbuh tinggi sebesar 5,89 persen (year on year) walaupun sedikit lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 5,93 persen," jelasnya.

Dan tren positif di triwulan II juga didoronh oleh beberapa faktor diantaranya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di sembilan kabupaten dan kota. Pasalnya even ini ikut membantu pertumbuhan konsumsi salah satunya belanja kampanye, gaji 13, THR, dan tunjangan lainnya yang diterima Aparatur Sipil Negara (ASN) juga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di triwulan ke II.
 
"Selain itu  di triwulan II juga ada proyek Asian Games yang penyelesaiannya harus segera dituntaskan, sehingga penyelesaian pendukung infrastuktur akan memberikan sumbangan kontribusi investasi," katanya.

Faktor lain adanya perbaikan komoditas harga di tingkat global seperti batubara dan minyak bumi yang merupakan komoditas unggulan Sumsel. Sehingga pertumbuhan ekonomi Sumsel puncaknya terjadi pada triwulan II dan diperkirakan hingga akhir tahun bisa mencapai 5,9 sampai 6  persen. (May)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi