Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 13 September 2017 22:09     Dibaca: 62 Pembaca

Pipa Distribusi PAM Patah di Senggol Eksavator

Istiewa

Pagaralam, Detik Sumsel – Akibat ‘disenggol’ alat berat eksavator yang melakukan pengerukan tanah di lokasi perbaikan gorong-gorong berlokasi di jalan Tanjung Cermin, mengakibatkan pipa distribusi milik UPTD PAM Pagaralam patah sepanjang sekitar 6 meter. Imbasnya, aliran air bersih menuju ratusan rumah pelanggan putus.

Pantauan di lapangan, pengerjaan perbaikan gorong-gorong lantaran jebol yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Pagaralam dilakukan sejak Selasa malam (12/9) lalu. Yang mana, patahnya pipa paralon berukuran 6 inch tersebut diduga saat operator eksavator lalai saat melakukan pengerukan tanah untuk pembongkaran gorong-gorong diganti dengan box culvert sehingga pipa sarana air bersih rusak.

Kepala UPTD PAM Pagaralam, Hariyanto mengaku, pihaknya baru mendapat informasi setelah menelusuri air PAM pada Rabu pagi tidak mengalir di kantornya. “Setelah kita telusuri ke lapangan, ternyata pipa distribusi berukuran 6 inch patah di lokasi perbaikan gorong-gorong tak jauh dari Wisma Bara,” ujarnya.

Patahnya pipa yang intakenya besumber dari Tegur Wangi tersebut, mengakibatkan sekitar 600 pelanggan PAM mulai dari kawasan Nenadagung, dan Koramil atau kawasan  Terminal nednagung putus. “Oleh petugas, agar air tidak terbuang sia-sia langsung melakukan penutupan valep,” katanya seraya mengatakan kepada para pelanggan yang terganggu diharap bersabar terganggunya pelayanan distribusi ke rumah mereka.

Akan secepatnya dilakukan perbaikan, ditegaskan Hariyanto. “Saat ini beberapa petugas sudah kita terjunkan untuk mengecek langsung kondisi kerusakan pipa 6 inch di lokasi perbaikan gorong-gorong di Tanjung Cermin. Untuk sementara akan kita lakukan perbaikan sifatnya sementara,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kadis PUPT Kota Pagaralam H Hariyadi Razak ST melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah ST mengaku, dirinya membenarkan adanya kerusakan pipa akibat aktifitas pengerukan tanah di sekitar lokasi perbaikan gorong-gorong di kawasan Tanjung Cermin, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan. “Saat ini sudah koordinasi dengan pihak UPTD PAM, dan sedang dilakukan perbaikan di lokasi,” katanya.  

Menindaklanjuti rusaknya pipa PAM, pihaknya akan mengawasi lebih intens lagi dilokasi perbaikan gorong-gorong yang akan diganti dengan box culvert. “Kepada pihak pelaksana dan operator alat berat kita imbau untuk lebih hati-hati lagi saat melakukan pembongkaran gorong-gorong. Jangan sampai mengenai atau merusak pipa PAM lgi,” ujarnya.(gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi