Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Puji     Tanggal : 30 Juni 2018 15:30     Dibaca: 160 Pembaca

PLTS 2 MW Jakabaring Mampu Terangi 48 Ribu Rumah

PLTS 2 MW Jakabaring yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin

Palembang, Detik Sumsel -- Provinsi Sumsel kini memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya 2 MW yang berkapasitas 250 kW atau setara menerangi 48 ribu rumah.

Dibangun diatas lahan seluas 2,5 hektare yang berlokasi dikomplek Jakabaring Sport City, Palembang secara resmi PLTS ini beroperasi setelah diresmikan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin Sabtu (30/6).

"Dengan beroperasi nya PLTS ini penghematan penggunaan BBM dan gas alam sebanyak 28 ribu liter dan telah mengurangi emisi gas karbon sebanyak 80 ton CO2, dan PLTS ini memanfaatkan sinar matahari yang didapat secara gratis,"kata Alex Noerdin disela - sela peresmian.

Menurut politisi partai Golkar ini, dengan beroperasi PLTS ini merupakan langkah kecil untuk menuju lompatan yang lebih besar lagi bagi Sumsel dalam membangun listrik di Sumsel.

"Meskipun hanya 2 MW, dari segi kehandalan nya PLTS ini yang terhandal di Indonesia,"cetusnya.

Sementara itu, Direktur utama PDPDE Arief Kadarsyah menambahkan pembangunan PLTS 2 MW Jakabaring ini kerja sama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jepang melalui Sharp Corporation Jepang.

PLTS 2 MW Jakabaring dikerjakan secara swakelola dimana pelaksanaan nya 100 persen dikerjakan oleh karyawan PDPDE dibawah monitoring langsung Sharp Corporation Jepang.

"Pekerjaan konstruksi dan instalasi PLTS dapat diselesaikan dalam waktu tiga bulan depan "zero accident". Pembangkit PLTS ini juga sudah tersambung ke gardu induk New Jakabaring milik PLN,"tandasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi