Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Bara Revolusioner     Tanggal : 10 Mei 2018 19:50     Dibaca: 223 Pembaca

Poli Khusus Lansia Hadir di Palembang

Dr Nuri Ruviati SpPD K-Ger, Wakil Ketua Tim Terpadu Geriatri

Palembang, Detik Sumsel - Semakin meningkatnya angka pasien lanjut usia (Lansia), Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang secara resmi membuka Poli Geriatri yang sempat di resmikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI (Menkes RI) Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek SpM pada Rabu (09/05) kemarin.

Diketahui, sampai tahun 2017 hanya 14 rumah sakit rujukan pemerintah di 12 provinsi yang telah memiliki pelayanan Geriatri dengan tim terpadu. Demikian pula dengan Puskesmas, ada 3.645 Puskesmas (37 persen) yang telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang Santun Lansia, serta sudah mempunyai  80.353 Posyandu Lansia/Posbindu.

Dr Nuri Ruviati SpPD K-Ger, Wakil Ketua Tim Terpadu Geriatri mengatakan, saat ini di Sumsel, RS yang memiliki Poli Geriatri ini hanya ada di RSMH saja.

"Seiring perkembangan zaman kita akan menghadapi usia lanjut lebih banyak, maka dari itu sangat penting dengan adanya Poli Geriatri ini. Dan untuk alat bantu dan fasilitas, kita sudah lengkap dari Sempurna menuju Paripurna," jelasnya saat dibincangi Detik Sumsel.

Ditambahkannya, Poli Geriatri ini untuk pasien usia lanjut hanya mereka yang memiliki dua penyakit yang disertai dengan gangguan gizi, gangguan mental, dan kognitif penurunan daya Faalim.

"Ketika ada pasien hipertensi, dan disabilitas harus dibawa ke Geriatri. Untuk pendaftaran bisa langsung ke poli, semua aspek dikaji, kita sudah punya dokter spesialisnya, dan kita bisa menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan lansia," pungkasnya. (Bra)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi