Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 30 Mei 2017 15:23     Dibaca: 506 Pembaca

Polisi Ancam Tangkap Penjual dan Pembeli Petasan

Kabag Ops Kompol Andi Supriadi

Prabumulih, Detik Sumsel - Untuk menghormati dan menjaga kekhusyukan ibadah di bulan Ramadhan, Polres Prabumulih mengeluarkan maklumat bunga api atau petasan. Maklumat tersebut ditujukan kepada pedagang maupun masyarakat agar dapat diindahkan. Sebab jika tidak diindahkan baik pedagang maupun pembeli petasan akan dikenakan sanksi pidana.

Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti SE melalui Kabag Ops Kompol Andi Supriadi SH SIK mengatakan, larangan peredaran petasan diutamakan pada petasan dengan diameter 2 inci hingga 8 inci yang kandungan mesiunya mencapai 20 gram atau lebih. Hal itu sesuai dengan UU bunga api 1932, lembar negara no 41/1940 tentang pelaksanaan UU bunga api 1939 pasal 2, UU darutat no 12/1951, Pasal 359 KUHP, pasal 188 KUHP serta peraturan kapolri no 2/2008 tentang pengawasan, pengendalian dan pengamanan bahan peledak komersil.

"Sebab petasan dengan ukuran tersebut mampu mengeluarkan suara ledakan yang cukup besar, sehingga dapat mengganggu kenyamanan masyarakat. Apalagi pedagang petasan biasa muncul saat memasuki bulan Ramadhan," ujar Andi saat dibincangi, Selasa (30/5).

Lebih lanjut Andi mengatakan, jauh sebelum memasuki Ramadhan pihaknya telah membentuk tim guna melakukan himbauan kepada masyarakat khususnya kepada para pedagang petasan. Kepada pedagang diminta untuk tidak menjual petasan yang dilarang sesuai aturan.

"Anggota babinkamtibmas sudah kita turun langsung ke lapangan untuk melakukan himbauan. Untuk kembang api kan ada yang tidak meledak, silahkan saja. Asal tidak menjual petasan yang mengeluarkan suara ledakan seperti percon cabe, percon korek dan percon jenis lainnya," terangnya.

Sebagai antisipasi lebih lanjut, kedepan pihaknya akan melakukan pengecekan atau razia ke sejumlah pedagang dan distributor lainnya. Jika kedapatan maka dengan tidak segan-segan pihaknya akan menyita dan memproses secara hukum sesuai maklumat Kapolres Prabumulih.

"Sejauh ini belum ada laporan, namun yang jelas kedepan kita akan lakukan razia. Untuk waktunya belum bisa kita pastikan. Yang jelas kita terus himbau kepada masyarakat untuk tidak membeli dan menggunakan petasan saat bulan Ramadhan," tandasnya. (Ichal) 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi