Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 23 Mei 2017 10:48     Dibaca: 522 Pembaca

Ponsel "Root" Terancam Diblokir Aplikasi Google Play

Ilustrasi sistem operasi Android (Istimewa)

DETIK SUMSEL - Belum lama ini Netflix berhenti mendukung perangkat yang mempunyai akses root. Dan hal ini mungkin akan berkembang ke aplikasi-aplikasi lain.

Hal ini terungkap dari sebuah perubahan yang terlihat pada developer console di Google Play, yang menunjukkan kalau aplikasi-aplikasi lain bisa mengikuti langkah yang diambil oleh Netflix.

Ada bagian baru yang bernama 'Device Catalog' yang membuat para developer bisa memilih apakah aplikasi buatannya bisa diakses oleh ponsel dengan akses root. Ada beberapa kriteria lain yang bisa dipilih untuk memblokir akses ke laman aplikasi di Play Store.

"Perangkat yang gagal melewati tes integritas atau pun yang tak mempunyai sertifikasi dari Google," tulis Google dalam laman tersebut.

Dari kalimat tersebut terlihat kalau developer bisa melarang perangkat Android dengan akses root atau pun yang menggunakan ROM custom untuk menginstal aplikasi dari Play Store, dikutip dari Phone Arena, Selasa (23/5/2017).

Memang, pemblokiran ini bukanlah segalanya, karena pengguna tetap bisa menginstal aplikasi dengan cara lain, seperti melakukan sideload APK ke dalam ponsel. 

Namun tetap saja hal ini mungkin membuat sejumlah pengguna Android kesal. Karena bisa saja ponselnya tak bisa mengakses Play Store karena vendor pembuatnya memang tak mempunyai sertifikasi dari Google. (net) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi