Selamat Hari Pers Nasional 2018
Sukseskan 48 Pilkades Serentak di Kabupaten Banyuasin menggunakan e-Voting
Diposting oleh : Chandra Adhitya     Tanggal : 10 April 2017 17:51     Dibaca: 510 Pembaca

Posisi Wabup Terancam Kosong Hingga Akhir Periode

Tampak ruang kerja wakil bupati Empat Lawang yang masih kosong, Senin (10/04)

Empat LAwang, Detik Sumsel – Status jomblo Bupati Empat Lawang Syahril Hanfiah seperti akan terus terjadi hingga habis masa jabatannya. Pasalnya, semenjak dilantik dari Plt bupati menjadi Bupati Empat Lawang pada Januari lalu, belum ada tanda-tanda pengisian jabatan wakil bupati.

Ruang kerjanya pun berganti, ia sudah pindah ke ruang bupati Empat Lawang dan ruang wakil bupati (Wabup) kini kosong melompong. Berdasarkan informasi di lapangan menyebut, partai pendukung dan pengusung yang memiliki hak untuk mengisi jabatan wabup itu, seolah merasa pesimis untuk mengisi kekosongan jabatan itu.

Dalam aturan terbaru yakni UU No 10 tahun 2016 pasal 176 ayat 2 menyatakan bahwa seluruh partai pengusung dan pendukung harus menjalankan musyawarah mufakat untuk menentukan 2 nama yang diajukan ke Bupati. Baru setelah itu 2 nama itu diajukan bupati ke DPRD untuk digodok.

"Jelas ini akan lebih sedikit ruwet dan alot, sebab mencari kesepakatan di 8 partai ini. Satu partai saja yang tidak sepakat, tetap tidak bisa dilaksanakan," ujar Ketua DPD Golkar Empat Lawang  David Aljufri (HDA), beberapa waktu lalu.

Nama yang telah digodok di DPRD itu langsung di serahkan ke pengurus pusat masing masing partai pengusung. Kalau pihak pusat sepakat dari nama yang telah dipilih dari DPRD tadi, maka akan bisa dilantik. Tapi kalau tidak, maka akan dikembalikan lagi ke daerah untuk dipilihkan nama lainnya lagi."Intinya kesepakatan di 8 partai itu, kesepakatan tidak cukup di pengurus daerah, tapi hingga ke pengurus pusat. Bagi yang siap silahkan saja," kata dia.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang Syahril Hanafiah membenarkan, bahwa dirinya saat ini sudah pindah ke ruang Bupati Empat Lawang dan ruang Wabup kini kosong belum ada yang menempati. "Iya saya sudah pindah. Ruang lama kosong," ujar Syahril.

Syahril menambahkan, saat ini partai pengusung dan pendukung masih dalam tahapan rembuk untuk mengisi kekosongan jabatan itu. "Masih ada kemungkinan untuk diisi jabatan wabup itu, walaupun kemungkinan itu kecil," tandasnya (cha)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi