Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : AMS     Tanggal : 14 Maret 2017 18:12     Dibaca: 352 Pembaca

Prioritaskan Infrastruktur, Musrenbang Libatkan Seluruh Elemen

Walikota Palembang Pimpin Musrenbang

Palembang, DetikSumsel- Pemerintah Kota Palembang beserta seluruh jajarannya melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  Kota Palembang Tahun 2017 dengan mengambil tema "Dengan Semangat Gotong Royong Kita Wujudkan Palembang Emas", Selasa (14/3) di Ruang Rapat Pareswara Setda Kota Palembang.

Kepala Bappeda Kota Palembang sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Musrenbang Kota Palembang tahun 2017, M. Sapri mengatakan, Tujuan pelaksanaan Musrenbang untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2018.

"Sesuai prioritas pembangunan daerah melalui yudikatif berdasarkan fungsi perangkat daerah rancangan alokasi dana atau kegiatan yang berasal dari APBN, APBD Provinsi/Kota, Swasta, dan yang berasal dari CSR" terangnya

Dia juga menyampaikan bahwa latar belakang pelaksanaan Musrenbang yakni UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dan UU No 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah, serta peraturan pelaksanaannya yang mengamanatkan pemerintah daerah wajib untuk menyusun perencanaan kerja pembangunan daerah (RKPD) melalui musyawarah perencanaan pembangunan yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, dan nasional.

"Kegiatan Musrenbang ini adalah mencari kesepakatan tentang rumusan yang menjadi pemutakhiran perancangan rencana kerja pemerintah daerah dan perencanaan organisasi perangkat daerah untuk tahun anggaran 2018" tegasnya

Sementara itu, Walikota Palembang,  H. Harnojoyo saat membuka acara Musrenbang Kota Palembang Tahun 2017 mengatakan bahwa RKPD Kota Palembang tahun 2018 adalah penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan juga sebagai landasan serta dorongan bagi pemerintah daerah dalam penyusunan rencana pendapatan belanja daerah Kota Palembang tahun anggaran 2018 dan acuan organisasi perangkat daerah dalam penyusunan rencana kerja tahun 2018.

"Musrenbang merupakan forum yang dilaksanakan untuk bersama-sama mengidentifikasi dan memperuntukan prioritas pembangunan, siksroninasi program dan kegiatan antara pemerintah dengan stake holder, sekaligus menyepakati kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018" jelasnya.

Politisi Demokrat  juga menegaskan agar semangat gotong royong dapat disinergikan dalam pelaksanaan program kerja Pemkot Palembang. Selain itu, Walikota Palembang juga meninginkan agar Program pembangunan di Kota Palembang harus mampu memberikan dampak positif terhadap kesejahterahaan sosial bagi seluruh masyarakatny

"Tema yang digunakan pada Musrenbang Kota Palembang 2017 agar dapat dijabarkan ke dalam arah kebijakan pembangunan Kota Palembang tahun 2018, sehingga seluruh elemen di pemerintahan Kota Palembang dapat berperan aktif dan bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan program guna mewujudkan Palembang emas 2018 dan Asian Games 2018," jelasnya

Orang nomor satu di Palembang ini juga mengharapkan agar kondisi sungai yang ada di Kota Palembang agar dapat dinormalisasi sehingga dapat lebih bermanfaat untuk masyarakat. 

"Kita ingin seluruh sungai di Kota Palembang selain digunakan untuk nalur transportasi,  tapi juga dapat kembali menjadi salah satu sumber daya alam yag dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat untuk keperluan seperti berenang, mandi, dan dimasak menjadi air minum," harapnya. (Pen)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi