Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 01 Agustus 2018 14:44     Dibaca: 129 Pembaca

Proses Registrasi Penomoran Ijazah Tidak Memakan Waktu Lama

Kepala Pustipd UIN RF Palembang, M. Fakhrudin (Baju Kemeja Putih)

Palembang, Detik Sumsel - Terkait permasalah yang dialami Alumni mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RF) Palembang tentang kendala dalam mengakses Penomoran Ijazah Nasional (PIN), Kepala Pustipd UIN RF Palembang, M. Fakhrudin luruskan hal tersebut.

Dijelaskannya bahwa, PIN merupakan aplikasi yang hanya dapat di akses oleh mahasiswa aktif. 

"PIN ini yang menggunakannya admin Kampus, dalam hal ini Admin UIN RF Palembang. Bukan untuk pengecekan Alumni," tegasnya kepada awak media di Gedung PUSTIPD UIN Raden Fatah Palembang, Selasa(1/8).

Dalam hal ini, Fakhrudin juga menyesalkan viralnya permaslahan yang dialami mahasiswa terkait PIN tersebut.

"Kita hanya ingin meluruskan saja, kok bisa menjadi Viral permasalahan PIN ini. PIN itu adalah Aplikasi untuk Mahasiswa aktif setelah menempuh 120 SKS," jelasnya.

Dirinya menghimbau, bagi Alumni UIN RF Palembang yang ingin melakukan pengecekan Ijazah atau verifikasi, agar dapat mengaksesnya melalui Aplikasi Sistem Verifikasi elektronik (SIVIL).

"Kalau untuk mengecek nomor ijasah atau memverifikasi, alumni bisa mengecek di Aplikasi Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL), bukan PIN, tapi harus terdaftar ada SIVIL Ristekdikti. Kalau PIN khusus untuk operator saja dan tidak bisa diakses oleh mahasiswa dan alumni
Jadi kedua Aplikasi ini berbeda penggunaannya, jangan langsung termakan isu yang tidak benar," ujarnya.

Namun, terkait hal tersebut, dirinya juga mengungkapkan bahwa ada kelalaian dari pihaknya karena tidak memantau proses upload data alumni yang dilakukan bagian BAAK ke Forlap Ristekdikti terkhusus masalah SIVIL Ristekdikti sehingga data alumni tahun 2016 ke atas belum didaftarkan pada Forlap dan SIVIL Ristekdikti.

"Kalau butuh cepat, silahkan datang ke posko yang kita buka, posko akan tetap dibuka setiap jam kerja dan akan ditutup jika proses upload data alumni sudah selesai 100 persen. Waktu upload sendiri hanya memerlukan 2-3 jam saja tergantung keadaan server Ristekdikti," ungkapnya.

Sementara, Humas UIN Raden Fatah, Kemas Ari Panji menambahkan, mulai hari ini, posko tersebut telah dibuka untuk membantu registrasi penomoran Ijasah para Alumni UIN Raden Fatah Palembang yang belum masuk di PD - Dikti.

"Dampak dari pemberitaan ternyata membuat lulusan atau Alumni sudah banyak berdatangan ke posko tersebut," ujarnya.

Masih dikatakannya, dalam proses pelaksaan registrasi penomoran Ijasah, alumni diharapkan agar dapat membawa fotokopi yang telah di legalisir ke posko yang telah di tentukan. "Akan kita bantu masukkannya ke pusat data, serta tidak akan memakan waktu yang lama memprosesnya, jadi tidak perlu risau akan hal tersebut," pungkasnya.(fir/wira)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi