Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 12 Juni 2017 23:35     Dibaca: 208 Pembaca

Puasa, Pengunjung Perpustakaan Berkurang

Jumlah pengunjuang perpustakaan Kota Pagaralam di bulan Ramadhan cenderung sepi, lantaran banyak hari libur kerja dan sekolah

Pagaralam, Detik Sumsel– Tidak seperti hari biasanya, jumlah pengunjung yang datang ke Perpustakaan Kota Pagaralam melonjak begitu tinggi, mencapai 100 - 200 orang setiap harinya. Namun, di bulan suci Ramadhan 1438 H tahun 2017 ini, pengunjung Perpustakaan menurun drastis. Hal ini lantaran bulan puasa, dalam angka kalender Juni 2017 cukup banyak terdapat tanggal merah atau hari libur, menjadikan anak sekolah jarang berkunjung ke Perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Pagaralam, Dra Kun Widayatsari MPd, melalui Kabid Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Wita Hartini SE mengatakan, berdasarkan dari catatan petugas jaga, pengunjung perpustakaan di hari biasa mencapai 200 orang lebih. Akan tetapi saat ini hanya di kisaran 38 - 50 orang setiap harinya. “Di hari biasa itu yang paling ramai dalam sehari bisa tembus mencapai 100 - 200 pengunjung. Bahkan sebulan sebelum puasa atau Mei 2017 lalu, dalam sebulan jumlah pengunjung yang datang mencapai 1.063 orang, Sementara di bulan puasa ini, pengunjung menurun drastis,” ucapnya.

Wita merinci, pada awal puasa Ramadhan, Jum’at (2/6) ada 49 pengunjung, Sabtu (4/6) ada 42 pengunjung, Minggu (4/6) ada 23 pengunjung, Senin (5/6) ada 27 pengunjung, Selasa (6/6) 50 pengunjung, Rabu (7/6) 38 pengunjung dan Kamis (8/6) ada 25 pengunjung.

“Bisa dibilang jumlah pengunjung yang datang ke Perpustakaan sangat fluktuatif, naik turun dan tidak sepi-sepi betul. Kita menduga, menurunnya jumlah pengunjung yang datang ini karena selama bulan Juni 2017 banyak tanggal merah, dan di samping itu pengunjung tingkat SMA, SMP sudah banyak yang selesai melaksanakan ujian sekolah,” paparnya.

Mengenai jam buka Perpustakaan sendiri, selama bulan suci Ramadhan diakui Wita sedikit ada perubahan jam. Bila sebelumnya di hari biasa Kantor Perpustakaan Kota Pagaralam buka pada pukul 07.30 WIB, tapi selama bulan suci Ramadhan buka pukul 08.00 WIB.

Ditambahkan Wita, dirinya juga memprediksi jika jumlah pengunjung akan kembali pulih nanti saat dimulai tahun ajaran baru, atau selesai hari Raya Idul Fitri. “Pengunjung yang datang ke Perpustakaan Kota Pagaralam lebih didominasi oleh kalangan pelajar, mahasiswa dan PNS,” pungkasnya. (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi