Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 09 Juli 2018 20:13     Dibaca: 95 Pembaca

Puluhan Ayam di Lahat Mati Mendadak

Istimewa

Lahat, Detik Sumsel -- Dalam kurun waktu dua minggu terakhir, puluhan ayam milik warga Desa Lawang Agung, Kecamatan Mulak Ulu, tiba-tiba mati mendadak. Kondisi ini rupanya membuat warga sekitar cemas, membuat sejumlah warga terpaksa memilih lebih dahulu menyemblih hewan ternak yang lainnya.

"Awalnya sehat semua, tiba-tiba satu demi satu mendadak mati hingga tidak ada sisa lagi. Matinya ditandai dengan ada warga ungu pada jengger ayam," ujar Ramlah, Senin (9/7).

Keadaan serupa juga dirasa oleh Ullah (45), warga yang sama. Ayam miliknya juga mati mendadak dengan ciri-ciri serupa, yang diduga terkena penyakit tetelo. Kondisi ini diakuinya juga pernah terjadi ditahun lalu. Ayam yang mati langsung dikubur, yang masih hidup terpaksa disembelih.

"Sisanya ya terpaksa disembelih, daripada mati semua," ucap penjaga kandang ayam pramuka ini.

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan), Ir Nursiwan menjelaskan, pihaknya belum mendapatkan laporan adanya kejadian itu. Ia berharap kepada pemilik hewan ternak ayam, kiranya dapat rajin menyempot kandang hewan ternak dengan cairan desinfectan, supaya kuman-kuman tetelo dipastikan mati.

"Tidak apa-apa kalau mau dikonsumsi, tidak masalah bagi kesehatan tubuh manusia. Namun harus dimasak dengan benar, biar virusnya mati," jelas Nursiwan. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi