Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 28 Mei 2018 17:00     Dibaca: 180 Pembaca

Puluhan Surat Suara Ditemukan Rusak

Sejumlah petugas tampak sibuk menyortir dan melipat surat suara di Kantor KPU Prabumulih

Prabumulih, Detik Sumsel - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih. Sebelum dilipat, petugas terlebih dahulu memeriksa dan menyortir surat suara untuk memastikan tidak adanya kerusakan pada surat suara.

Ketua KPU Kota Prabumulih M Takhyul mengatakan, ada sebanyak 131033 surat suara yang akan dilipat oleh petugas. Jumlah tersebut sudah termasuk tambahan 2,5 persen dari total Daftar Pilih Tetap (DPT). 

"Proses pelipatan surat suara ini baru kita mulai hari ini. Sebelum surat suara ini didistribusikan makanya perlu disortir apakah ada yang cacat atau tidak. Kertas suara harus benar-benar layak dan dalam keadaan sah sebelum didistribusikan ke seluruh TPS," ujarnya kepada wartawan, Senin (28/05).

Proses sortir menjadi penting, sebab menurut Takhyul, setiap dus surat suara selalu ada surat yang tidak bisa digunakan atau dalam keadaan rusak. Surat suara tersebut kerap mengalami kerusakan, antara lain berlubang, ada bercak tinta, hingga warna atau gambar yang tidak sesuai.

"Kalau surat suara cacat tentunya tidak sah untuk digunakan. Nah maka dari itu kita benar-benar menekankan kepada petugas untuk memeriksa surat suara secara jeli. Jangan sampai ada surat suara yang tidak sah sampai didistribusikan," bebernya.

Hal senada juga diungkapkan oleh, Divisi Logistik Era Hustri, pelipatan surat suara dilakukan oleh 40 petugas yang dibagi dua tim. Petugas sendiri berasal dari pegawai KPU.

"Dalam satu tim ada 18 orang. Pelipatan kertas suara ini kita targetkan selesai pada 31 Mei nanti. Setiap dus surat suara yang telah dilipat akan dibuatkan berita acaranya. Untuk memastikan apakah ada yang rusak atau cacat," terangnya.

Sejauh ini, sambung Era sudah terdapat sebanyak kurang lebih 80 lembar surat suara yang dinyatakan tidak sah. Surat suara yang tidak sah akan dimusnahkan. Selanjutnya suara yang telah dilipat kemudian disimpan digudang penyimpanan awal yang disaksikan oleh tiga instansi yakni KPU, Panwaslu dan Polres Prabumulih.

"Surat suara yang tidak sah ini ditemukan dalam 12 dus yang telah dilipat. Sebagai gantinya akan kita buat berita acara penambahan ke percetakan. Namun jika total keseluruhan sudah pas dengan jumlah DPT maka tidak perlu lagi dilakukan penambahan," tandasnya. (Ichal)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi