Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 17 Maret 2017 08:35     Dibaca: 2006 Pembaca

Ratusan Pemuda Hebat akan Berkumpul di Kota Pangkalan Balai

Kepala Bidang Pemuda Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga Banyuasin M Sarnusi S.sos MM

Banyuasin,Detiksumsel - Sekitar 380 pemuda hebat yang memiliki wawasan kebangsaan,mandiri,kreatif dan berakhlaq mulia akan berkumpul di Kota Betuah Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin.

Berkumpulnya para pemuda hebat itu dalam kegiatan Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kabupaten Banyuasin 2017 yang akan diadakan pada Juli 2017 mendatang di areal expo Banyuasin.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuasin Dr H Sofran Nurozi MM melalui Kabid Pemuda M Sarnusi S.Sos MM mengatakan 380 pemuda yang akan hadir dalam JPD ini merupakan wakil dari 19 Kecamatan, dimana setiap Kecamatan hanya dapat mengirim 20 peserta dengan rincian 18 pemuda dan 2 orang pendamping.

"Pemuda yang dikirim oleh kecamatan ini adalah pemuda terbaik,kreatif dan inovatif yang telah melalui proses seleksi di kecamatan dan berusia muda 16-30 tahun,"kata Mantan Bendum DPD KNPI Banyuasin ini.

Lokasi Jambore jelas Sarnusi akan di pusatkan di Kota Pangkalan Balai tepatnya di lapangan expo Banyuasin. Disini akan ada panggung hiburan sedangkan tempat penginapan berupa tenda-tenda yang direncanakan akan ditempatkan di dalam pagar yang di peruntukan untuk rusa disamping taman kota.

"Jadi bentuknya semacam perkemahan pemuda,"katanya.

Dalam JPD ini terang Sarnusi, banyak kegiatan yang akan dilakukan seperti Pentas seni dan budaya daerah, seminar panel terkait pencerahan pemuda Indonesia, Fokus Group Diskusi (FGD), Gerakan bakti penghijauan pemuda (GBPP), peragaan masakan/kerajinan/keterampilan produktif unggulan daeeah,pameran kerajinan/unggulan pemuda daerah,kelompok pelangi nusantara,Outbound dan Outgames,lomba senam kreasi,Invitasi Olagraga Tradisional dan Workshop.

"Setiap kegiatan akan diberikan penghargaan bagi 3 tim penyaji terbaik, setiap 3 tim terbaik akan diberi penghargaan dan hadiah. Kegiatan yang akan diberi penghargaan terbaik seperti kontingen terbaik,standa pameran kerajinan, pentas seni terbaik,yel-yel terbaik,penyaji keterampilan kerajinan atau maskaan khas daerah terbaik,lomba senan kreasi,penyaji diskusi kelompok terbaik,tim Outbound terbaik,peduli lingkungan dan lomba olahraga tradisional,"jelasnya.

Target dari kegiatan ini lanjut Sarnusi disamping tercapainya 380 pemuda hebat yang berwawasan kebangsaan,mandiri,kreatif dan berakhlaq mulia serta mampu mengoptimalkan tujuan kegiatan serta target lainnya terpilihnya 18 orang calon peserta Jambore Pemuda Daerah ini untuk di kirim mewakili Kabupaten Banyuasin pada JPD tingkat Sumsel dan tingkat nasional yang akan diadakan di Sawalontoh Sumatera Utara.

"Untuk JPD tingkat Provinsi  kemungkinan diadakan juga di Banyuasin karena Kabupaten OKU Timur mundur sebagai tuan rumah, jadi JPD tingkat Kabupaten Banyuasin kita jadikan ajang silumlasi untuk JPD tingkat Provinsi Sumsel,"tandasnya. (Faz)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi