Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 25 Oktober 2017 04:45     Dibaca: 385 Pembaca

Rawan Bencana, Masyarakat Diminta Waspada

Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang, M Taufik

#Akibat Perubahan Cuaca

Empat Lawang, Detik Sumsel - Perubahan cuaca tidak menentu yang terjadi belakangan ini, membuat sejumlah daerah di Kabupaten Empat Lawang rawan terjadi bencana. 

Sebagai langkah antisipasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau dan meminta masyarakat agar selalu waspada. 

Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang, M.Taufik mengungkapkan, perubahan cuaca yang tidak menentu dapat berdampak pada terjadinya bencana alam seperti tanah langsor, pohon tumbang hingga terjadinya kebakaran.

Berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, ada beberapa daerah yang masuk dalam kategori rawan bencana. Sebagian besar berada di daerah aliran Sungai Musi seperti Tebing Tinggi, Talang Padang, Sikap Dalam dan Ulu Musi.

"Di daerah aliran sungai itu rawan terjadi tanah longsor. Jadi masyarakat harus waspada dan hati-hati. Kita dari BPBD sudah melakukan sosialisasi kepada warga mengenai tanggap bencana alam ini," jelasnya, Selasa (24/10).

Oleh sebab itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tidak mendekati dan menghindari daerah yang termasuk dalam kategori rawan bencana. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Taufik juga meminta kepada masyarakat untuk segera berkoordonasi dan melaporkan kepada aparat pemerintah setempat di semua tingkatan mulai dari ketua RT, kepala desa, lurah hingga kecamatan jika terjadi sesuatu (bencana) di wilayahnya. 

"Sehingga kita bisa mengetahui dan segera memberikan bantuan ke daerah yang terkena bencana,"ucapnya. (cha)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi