17 Desember 2017

Bekali Anak dengan Karakter Positif Sejak Dini

Bekali Anak dengan Karakter Positif Sejak Dini
Dewi Saputri

KARAKTER dapat diartikan sebagai cara pola berpikir dan berperilaku seseorang yang merupakan mencerminkan dirinya baik secara individu maupun secara bersama sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat dan bernegara. Karakter sangat erat hubungannya dengan nilai-nilai agama, kejiwaan, akhlak dan budi pekerti. Jadi bisa kita pahami bahwa karakter positif adalah kepribadian positif seseorang terhadap diri dan lingkungannya. 

Berbicara tentang karakter dalam kehidupan manusia sangatlah penting, apalagi menanamkan karakter sejak dini tentu akan menentukan arah tujuan seseorang dalam menjalani hidupnya. Seseorang yang berkarakter positif yang tentu akan berbeda dengan orang yang tidak memiliki karakter. Maka dari itu pembekalan karakter positif ini sangat diperlukan sejak dini karena akan menjadi modal utama dalam mengarungi perjalanan hidup.

Bila diperhatikan saat sekarang tingginya tingkat kriminalitas, seperti maraknya penggunaan narkoba, kekerasan terjadi dimana-mana, dan yang paling parah lagi rasa hormat terhadap orang lebih tua semakin menurun terlepas dari pergaulan serta pendidikan yang ditanamkan pada dirinnya di usia dini. Usia 6 bulan sampai dengan 1 tahun pertama merupakan usia yang paling berpengaruh dalam perkembangan anak hingga tumbuh remaja.

Tentu ini tak lepas dari peran orang tua, karena peran orang tua sangat penting. Orang tua harus bisa mengajarkan anaknya bahwa pendidikan itu tidak mengenal buku dan tulisan saja tetapi pendidikan karakter juga adalah pendidikan yang sangat penting diajarkan sejak dini. Anak usia dini sangat sensitive terhadap apa yang ia lihat, karena anak lebih sering bersama orang tua tentu akan meniru apa yang dilakukan pihak orang tua. Bila orang tua dalam mendidik atau berperilaku secara keras, lembut, demokrasi, otoriter, dan lainnya kemungkinan besar anak tersebut akan merekam sifat tersebut.

Tidak hanya peran orang tua saja tetapi peran lingkungan juga penting karena baik dan buruk karakter seseorang tergantung pada lingkungannya. Jika anak tersebut bergaul pada lingkungannya yang baik maka dia akan memiliki karakter yang positif begitu juga sebaliknya jika lingkungannya buruk maka karakter anak tersebut akan negative(butuk). Pada ssat inilah peran seorang guru, orang tua dan masyarakat dalam memberikan suatu pendidikan karakter yang baik bagi anak usia dini, menanamkan nilai-nilai moral dan sebagainya.

Suatu bangsa akan terlihat maju, jika dipandang dari setiap individu yang menginginkan kemajuan, sehingga pendidikan karakter ini sangatlah penting dibentuk pada anak usia dini karena saat usia inilah apa yang diberikan pada anak akan ia serap dengan baik dan akan diterapkan di kehibupannya, jika pendidikan karakter tidak diberikan sajak usia dini jelas akan terlihat perbedaannya antara anak yang diberikan pendidkan karakter dengan baik dan tidak sama sekali.

Membentuk karakter bukanlah perkara yang mudah dan simple diperlukan aksi nyata karena karakter memang tidak dapat diwariskan atau diturunkan begitu saja melainkan membangun secara berkesinambungan dan berkelanjutan melalui pola pikir dan aksi nyata.

Maka dari itu orang tua harus selalu mengawasi anak-anaknya agar tidak terjebak di pergaulan yang salah. Karena dengan karakter yang positif akan membantu mereka menjalani hidup dan akan mudah diterima oleh masyarakat nantinya. Dan juga hiharapkan kepada tenaga pendidik/guru untuk menerapkan pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak-anak dilandasi oleh karakter-karakter yang dapat membawa mereka menjadi orang-orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa.

*Penulis adalah mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang

  • Website
  • Google+
  • Rss
  • Pinterest
  • Instagram
  • LinkedIn
  • Vimeo
  • Youtube
  • Flickr
  • Email

Refleksi