Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
07 April 2018

BZ Kandidat Terkuat Menangi Pilkada Lahat

BZ Kandidat Terkuat Menangi Pilkada Lahat
Oleh: Ahmad Syahri Kurnianto

Ada banyak syarat yang harus dimiliki oleh kandidat dalam proses pilkada. Dan syarat-syarat tersebut sangat menentukan menang tidaknya kandidat dalam kontestasi lima tahunan tersebut. Sebut saja di antaranya, soliditas partai pengusung/pendukung; militansi tim relawan; kemampuan individu kandidat (kompetensi dan integritas); serta memiliki jaringan (networking) yang luas.

Dari semua prasyarat di atas, H. Bursah Zarnubi (BZ) memiliki segalanya.

Pertama, soliditas partai pengusung/pendukung. Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) adalah tiga partai yang bersepakat sejak awal dalam proses pendaftaran di KPUD Kabupaten Lahat. 

Sebagaimana diketahui bahwa ketiga partai tersebut memiliki basis massa riil. Partai Golkar misalnya. Adalah partai lama yang sudah sangat mengakar hingga memiliki banyak tokoh berpengaruh hingga ke akar rumput (grass root). 

Kemudian PKB memiliki basis massa dari kalangan Nahdlatul Ulama, pesantren dan kelompok sarungan (tradisional). Ditambah PAN, sebuah partai modern yang memiliki kedekatan historis dg ormas Muhammadiyah.

Tidak hanya sampai di situ. Dalam perjalanan berikutnya, BZ juga mendapat dukungan dari partai yang baru lahir. Partai Perindo, Berkarya dan Garuda dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap BZ.

Ditambah lagi dengan bergabungnya Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) versi Djan Faridz dalam barisan. Maka kekuatan BZ semakin tak terbendung. 

Kedua, militansi tim relawan. Jauh sebelum mendapat dukungan dari partai politik, BZ sudah membentuk beberapa organ taktis. Di antaranya Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), alumni PBR, Barisan Bursah Zarnubi (BaZar), Srikandi BZ, Relawan Seganti Setungguan, Keluarga Kikim Area, Relawan Jarai Area Bersatu, Persatuan Muda Mudi Bursah (PMMB) dan masih banyak lagi. 

Tim relawan ini dibentuk dan dilantik langsung oleh BZ sampai tingkat desa. Inilah sinyal bahwa gerakan tim relawan sama halnya dengan gerakan partai politik yaitu; Terstruktur, Sistematis dan Massif.

Ketiga, kemampuan individu (kompetensi dan integritas). Rasanya tidak satupun yang meragukan kompetensi dan integritas BZ sebagai seorang politisi nasional. BZ adalah gambaran seorang tokoh yang benar-benar berjuang untuk kepentingan masyarakat.

Kemampuan yang dimiliki BZ dituangkan dalam visi-misi yang ia sampaikan dalam setiap kesempatan. Visi-misi tersebut adalah gambaran kematangan berpikir BZ.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, BZ yakin dapat mewujudkan visi-misi tersebut dalam dua tahun masa kepemimpinannya.

Keempat, memiliki jaringan (networking) yang sangat luas dan berkelas.

Hingga tulisan ini dibuat, dari lima pasangan calon bupati dan wakil bupati  Lahat, hanya pasangan BURSAH-PARHAN yang menggunakan kesempatan untuk melakukan Kampanye Akbar, yang lain tidak. 

Momentum Kampanye Akbar digunakan secara maksimal oleh BZ. Saat itu BZ berhasil menunjukkan kelasnya. Ia berhasil mendatangkan Zulkifli Hasan, Ketua MPR RI yang juga merupakan Ketua Umum DPP PAN.

Di hadapan ribuan massa, Zulkifli Hasan menyebut BZ sebagai sahabatnya. Sebuah pilihan kata 'sahabat' yang menunjukkan hubungan spesial di antara keduanya. Hubungan tanpa sekat. Hubungan tanpa pembatas.

Alhasil, Kampanye Akbar beberapa waktu lalu semakin menegaskan bahwa BZ adalah calon bupati yang memiliki syarat lengkap untuk memimpin Kabupaten Lahat.

*Penulis adalah Sekretaris Tim Pemenangan  

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Website
  • Google+
  • Rss
  • Pinterest
  • Instagram
  • LinkedIn
  • Vimeo
  • Youtube
  • Flickr
  • Email

Refleksi