Diposting oleh : Iyop DS     Tanggal : 30 Agustus 2017 18:14     Dibaca: 381 Pembaca

Regulasi Pemain U-22 Liga 1 Dihapuskan Hingga Akhir Musim?

Rudolof Yanto Basna, salah satu pemain SFC yang berusia dibawah 23 tahun

Palembang, Detik Sumsel-Kontestan Liga 1 Indonesia 2017 mulai gusar. Beredarnya kabar bahwa regulasi pemain U-22 akan dihapuskan hingga akhir musim oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjadi penyebabnya.     

Rumor mengenai pengapusan secara permanen regulasi pemain U-22 di Liga 1 mulai merebak beberapa hari terakhir ini, setelah PT LIB selaku operator kompetisi hingga saat ini tidak kunjung mengeluarkan surat pemberitahuan pemberlakukan kembali aturan tersebut. Sementara, perhelatan SEA Games 29th di Malaysia sudah hampir berakhir.

Kondisi inilah yang membuat sejumlah klub peserta Liga 1 banyak yang kebingungan, termasuk Sriwijaya FC. "Sampai Rabu (30/8) siang, belum ada email masuk mengenai hal itu. Tapi kami (SFC) tetap fokus pada surat sebelumnya, yang menyebutkan bahwa regulasi pemain U-22 akan dberlakukan kembali awal September ini," terang Sekretaris PT SOM Faisal Mursyid, saat dikonfirmasi. Manajemen SFC sendiri lanjut Faisal, berharap agar operator kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 dan PSSI dapat memberikan kejelasan mengenai hal itu.
 
Senada diungkapkan Pelatih Kepala SFC Hartono Ruslan. Dia juga mengharapkan, regulasi terkait pemain U-22 dapat segera diterapkan kembali. "Karena penerapan aturan ini cukup baik, terutama untuk pembinaan pemain muda. Karena itu klub wajib mendukung. Semua pihak harus konsisten, dengan apa yang sudah disepakati bersama. Jangan di tengah jalan selalu berubah-ubah," harapnya saat dihubungi Rabu (30/08) sore.

Apalagi setelah adanya regulasi tersebut, banyak klub termasuk SFC telah melakukan kebijakan transfer dengan mempertimbangkan aturan tersebut. Pada putaran kedua ini, SFC bahkan telah menambah 2 pemain U-22 di putaran kedua dengan merekrut Ikris Yahmani dan Reza Erlangga. Keduanya didatangkan untuk menggantikan posisi Maldini Pali dan Hendra Sandi Gunawan yang dilepas ke Persiba Balikpapan akhir putaran pertama lalu.

"Sebelumnya, kami sudah memiliki 5 pemain U22 sesuai ketentuan, 1 diantaranya penjaga gawang. Kami menambah pemain U-22 untuk mengantisipasi, apabila ada diantara mereka yang cedera atau terkena akumulasi. Jika regulasi tersebut tidak dipulihkan kembali, artinya sia-sia saja. Meskipun SFC juga fokus pada pembinaan usai muda selain mengejar prestasi," jelasnya.

Seperti diketahui, PSSI melalui PT LIB selaku operator Liga 1 mengeluarkan kebijakan menghapus sementara regulasi pemain U-22 pada periode 3 Juli-30 Agustus 2017.
Keputusan tersebut diambil, setelah PSSI mempertimbangkan adanya klub yang harus kehilangan pemain, untuk memperkuat timnas U-22 diajang SEA Games 2017 di Malaysia dan kualifikasi Piala AFC U-23 2018 yang sudah didaftarkan ke AFC. (iyop)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi